3 Cara Menentukan Warna yang Cocok Menurut Teori Musim, Kamu yang Mana?

Ilustrasi wanita dengan ragam warna kulit yang berbeda
Ilustrasi wanita dengan ragam warna kulit yang berbeda (Foto : Freepik/ freepik)

AntvWarna bukan hanya sekadar visual, tapi juga mampu memancarkan perasaan, menciptakan suasana, dan menunjukkan kepribadian.

Dalam hal fashion dan estetika, memahami bagaimana memilih warna yang tepat dapat membawa perbedaan yang signifikan dalam berpenampilan dan pesan yang ingin disampaikan.

Salah satu pendekatan yang populer dan efektif untuk mencari warna-warna yang sesuai untuk kita adalah dengan Teori Seasonal Colour.

Dengan teori musim ini, kamu dapat menemukan palet warna yang paling cocok dengan warna asli kulitmu, sehingga kulitmu—khususnya bagian wajah—akan terlihat lebih cerah.

Dalam artikel ini, kita akan merangkum panduan mencari warna yang cocok dengan Teori Seasonal Colour. Penasaran? Simak selengkapnya!

Apa itu Teori Seasonal Colour?

Teori Seasonal Color atau yang juga dikenal sebagai Analisis Warna Musim, adalah sistem yang mengelompokkan warna-warna berdasarkan empat musim utama: Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, dan Musim Dingin.

Setiap musim memiliki palet warna yang terinspirasi oleh elemen alam yang mendefinisikan musim tersebut.

Cara Menentukan Warna yang Cocok Untukmu

 

img_title
Ilustrasi palet warna. (Foto: Freepik/ pressfoto)

 

Langkah pertama dalam memahami Teori Seasonal Color adalah dengan mengidentifikasi warna musim yang tepat denganmu. Ada beberapa cara untuk melakukannya, di antaranya:

1. Cek warna kulit, rambut, dan mata

Observasi tentang warna kulit, rambut, dan matamu bisa menjadi petunjuk awal. Kulit dengan tone hangat dan rambut dengan warna emas cenderung cocok dengan musim yang hangat, seperti musim gugur dan musim semi.

Sementara itu, kulit dengan tone dingin dan rambut dengan tone abu-abu atau hitam lebih sesuai dengan musim dingin dan musim panas.

2. Uji Kain Warna

Cobalah mengenakan berbagai kain warna berbeda di dekat wajahmu. Amati bagaimana warna tersebut memengaruhi penampilan kulitmu.

Apakah kulitmu terlihat bersinar atau kusam? Warna mana yang membuatmu terlihat paling bersinar? Cari tahu jawabannya.

3. Lakukan Analisis Warna Online

Ada banyak website yang dapat membantumu mengidentifikasi warna musimmu. Kamu cukup mengunggah foto dirimu dengan pencahayaan matahari dan menjawab beberapa pertanyaan. Lalu, kamu akan mendapatkan hasil analisis warna yang cocok untukmu.

Palet Warna untuk Setiap Musim

 

img_title
Ilustrasi wanita. (Foto: Freepik/ marymarkevich)

 

1. Musim Semi

Palet warna yang lembut dengan nuansa hangat seperti pastel, krem, dan coral cocok untuk kulit dengan sentuhan hangat dan rambut yang coklat keemasan.

2. Musim Panas

Warna-warna lembut dan sejuk seperti biru langit, lavender, dan pink lembut cocok untuk kulit dengan sentuhan dingin dan rambut abu-abu atau coklat  tua.

3. Musim Gugur

Palet warna hangat dan kaya seperti coklat, oranye, dan hijau zaitun cocok untuk kulit dengan sentuhan hangat dan rambut dengan nuansa emas.

4. Musim Dingin

Warna-warna cerah dan tajam seperti merah muda, biru royal, dan hitam murni cocok untuk kulit dengan sentuhan dingin dan rambut hitam atau abu-abu.

Aplikasi Warna dalam Pakaian dan Riasan

Setelah mengidentifikasi warna musimmu, kamu dapat mulai mengaplikasikan palet warna tersebut dalam pakaian, aksesoris, dan makeupmu.

Namun, ingatlah bahwa teori ini hanyalah panduan. Kamu masih tetap bisa bereksperimen dengan warna-warna lain di luar palet yang sesuai dengan preferensi pribadimu.