Tradisi Menindik Hidung di India, Ritual Kedewasaan dan Keanggunan Perempuan

Ilustrasi tindik hidung perempuan India.
Ilustrasi tindik hidung perempuan India. (Foto : desibeautyblog.com)

Antv – Anda pecinta Bollywood tentu tak asing melihat wanita di India selalu menghiasi hidung mancung mereka dengan berbagai perhiasan seperti cincin hidung, emas, hingga berlian. Usut diusut ternyata tindik hidung merupakan bagian dari tradisi.

Tindik hidung menjadi salah satu tradisi di India. Sejak usia yang sangat muda, perempuan di negara tersebut biasa memakai tindik hidung dengan makna tradisional atau religius.

Bagi banyak wanita, terutama di India, tindik hidung adalah semacam ritual kedewasaan menandakan kewanitaan, dan keanggunan.

Penyebab tindik hidung berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Ada yang mengatakan bahwa tindik hidung dilakukan sejak dulu untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Tetapi jika diperhatikan letak penindikan hidung bervariasi, ada di lubang hidung kiri atau kanan. Negara-negara bagian di India Utara, Barat, dan Tengah menyukai lubang hidung kiri, sedangkan negara bagian India Selatan lebih menyukai lubang hidung kanan. Beberapa budaya memilih kedua lubang hidung.

Tindik hidung tidak pernah dilepas karena merupakan simbol dari wanita yang telah bersuami seperti halnya mangal sutra dan sindoor.

Sebagai bukti kekayaan beragam tradisi perhiasan di seluruh India, perhiasan untuk hidung hadir dalam berbagai bentuk.