Kapsul SpaceX Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional, 4 Awak Terbaru Selamat

Empat awak Kapsul SpaceX.
Empat awak Kapsul SpaceX. (Foto : Reuters)

Antv – Kapsul SpaceX Crew Dragon tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah penundaan singkat pada Jumat (3/3/2023) pagi membawa dua astronot AS, seorang kosmonot Rusia, dan seorang astronot Uni Emirat Arab dalam misi sains enam bulan.

Pesawat ruang angkasa yang terbang secara mandiri dijuluki Endeavour merapat dengan stasiun ruang angkasa tak lama setelah pukul 01:40 EST (0640 GMT) pada hari Jumat, sekitar 25 jam setelah diluncurkan dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral, Florida.

Dikonfirmasi saat ISS dan kapsul terbang bersama-sama dengan kecepatan 17.500 mil per jam (28.164 kph) sekitar 250 mil (420km) di atas Bumi melintasi pantai Afrika Timur, menurut siaran langsung NASA seperti dikutip dari Reuters, Jumat (3/3/2023).

Awak terbaru dipimpin oleh Stephen Bowen, 59, seorang veteran dari tiga penerbangan Space Shuttle dan tujuh spacewalks.

Rekan astronot NASA Warren "Woody" Hoburg, 37, pada penerbangan luar angkasa pertamanya.

Misi Crew 6 juga terkenal karena memasukkan astronot UEA Sultan Alneyadi, 41, orang kedua dari negaranya yang terbang ke luar angkasa dan yang pertama diluncurkan dari tanah AS sebagai bagian dari tim stasiun luar angkasa jangka panjang.

Melengkapi empat orang Kru 6 adalah kosmonot Rusia Andrey Fedyaev, 42 seperti Alneyadi adalah pemula penerbangan luar angkasa.