Cara Membedakan Gejala COVID-19 dan DBD

Cara membedakan COVID-19 dengan DBD
Cara membedakan COVID-19 dengan DBD (Foto : Pixabay)

Antv –Mengingat bahwa COVID-19 telah berubah menjadi lebih ringan, menyebabkan infeksi yang tidak terlalu parah dan gejala yang lebih mudah ditangani, banyak yang mulai mengacaukan penyakit ini dengan penyakit lain termasuk flu biasa. Selain itu, peningkatan kasus demam berdarah baru-baru ini telah mengkhawatirkan para pejabat dan menyebabkan kebingungan tambahan.

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kebanyakan orang dengan demam berdarah dan COVID-19 memiliki penyakit ringan dan dapat pulih di rumah, gejala biasanya berlangsung beberapa hari, dan orang cenderung merasa lebih baik setelah seminggu.

Namun, kedua penyakit ini dapat menyebabkan penyakit parah dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan diagnosis Anda, sehingga tindakan yang diperlukan dapat diambil dengan tepat. Dilansir dari Times of India, Jumat, 30 September 2022, inilah kesamaan yang dimiliki antara COVID-19 dan demam berdarah dan di mana letak perbedaannya. 

Bagaimana membedakan COVID-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD)?

 

img_title
Cara membedakan COVID-19 dengan DBD. (Foto : Pixabay)

 

 

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari 4 virus dengue yaitu melalui gigitan spesies Aedes yang terinfeksi, sementara COVID-19 adalah penyakit pernapasan, yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Yang terakhir ini terutama ditularkan dari orang ke orang melalui pernapasan yang menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara, jelas CDC.

Gejala yang membedakan COVID-19 dan DBD