Faktanya ini Kunci Budaya Tradisional Bertahan di Era Digital

Kunci Budaya Tradisional Bertahan di Era Digital
Kunci Budaya Tradisional Bertahan di Era Digital (Foto : Instagram)

Antv – Keberagaman suku, agama, ras dan budaya yang dimiliki Indonesia mempunyai makna penting untuk masyarakat Indonesia, yaitu menciptakan persatuan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai secara lebih mudah.

Dengan kemajemukan yang dimiliki, Indonesia mempunyai slogan yaitu Bhinneka Tunggal Ika dengan arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

Dalam menyikapi keberagaman yang ada, kebersamaan dianggap hal penting yang harus dimiliki masyarakat Indonesia, dengan keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia tetap memiliki satu tujuan yang sama, yakni persatuan. 

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari budaya tradisional Indonesia. Budaya tradisional yang merupakan tradisi dari berbagai suku mencakup adat istiadat, kesenian, dan kebiasaan sudah melekat di hampir seluruh masyarakat.

Di zaman modern seperti sekarang, budaya tradisional mulai dilupakan kalangan generasi muda milenial maupun Gen-Z. 

Hilangnya ketertarikan budaya tradisional disebabkan berbagai faktor. Salah satu faktor terbesar adalah arus globalisasi yang membuat budaya global masuk ke kalangan generasi muda di Indonesia.

Budaya global dikemas lebih menarik dan kekinian sudah pasti akan lebih digemari daripada budaya tradisional yang terkesan tidak kekinian.