Inilah Lawan Persija Selanjutnya di Piala AFC 2018

marko simic-twitter persijaJKT
marko simic-twitter persijaJKT (Foto : )

Hasil gemilang Persija Jakarta unggul 4-2 atas tuan rumah Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa kemarin (24/4) memuluskan Macan Kemayoran memuncaki klasemen Grup H di Piala AFC 2018.  

Lantas, siapa lawan Persija selanjutnya di Piala AFC 2018 di fase zona Asean? Kemenangan tim asal ibukota ini membuat Ismed Sofyan cs menjadi juara Grup H dengan raihan13 poin dari enam pertandingan. Kini, Persija bersiap untuk melakoni laga semifinal Zona Asia Tenggara (Asean). Siapa yang akan menjadi lawan Persija di semifinal zona Asean, tampaknya telah mencapai titik terang.

Dari catatan yang dikutip dari laman AFChub, ada empat klub yang sudah memastikan melaju ke semifinal Zona Asean Piala AFC 2018. Selain Persija, ada Yangon United (juara Grup G), Ceres Negros (juara Grup F) dan Home United yang untuk sementara runner-up terbaik dari tiga grup di zona Asean.

Regulasi Piala AFC 2018 menjelaskan, jika runner-up terbaik berasal dari Grup F, maka Persija Jakarta akan berhadapan dengan juara Grup F. Klasemen Grup F kini dikuasai tim asal Filipina, Ceres-Negros, dengan 13 poin.

Sementara runner-up terbaik masih dimiliki klub asal Singapura Home United, dengan nilai 10 dan selisih gol +7. Ceres-Negros akan memainkan laga terakhirnya pada Rabu (25/4) melawan Home United. Ceres-Negros sudah dipastikan sebagai juara Grup F karena jumlah poinnya tak terkejar lagi.

Meski berpeluang menjadi runner-up terbaik, Home United terancam tergusur jika kalah dari Ceres-Negros dengan skor minimal 5-0. Peluang  untuk Song Lam Nghe An terbuka yang memiliki selisih gol +3. Sedangkan Home United hanya +2. Namun kemungkinan itu mustahil terjadi pada  Home United.

Persija bersiap menghadapi Cers-Negros yang musim 2017 lalu  berada di posisi kedua  klasemen Liga Philipina. Ceres bukan lawan yang mudah untuk Persija. Selain saat ini memimpin klasemen Liga Philipina juga tim yang belum terkalahkan di fase Grup F Piala AFC 2018.