Sejarah, Kalahkan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Lolos Ke Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Indonesia vs Filipina
Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Indonesia vs Filipina (Foto : istimewa)

Antv – Hasil pertandingan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, indinesia berhasil kalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa 11 Juni 2024. 

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan lolos ke putaran tiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia akan mendampingi Irak yang dipastikan keluar sebagai juara grup F. Ini jadi sejarah untuk kali pertama Indonesia lolos ke putaran tiga kualifikasi Piala Dunia. 

Dengan tambahan tiga poin, Indonesia yang mengoleksi 10 poin menempati peringkat dua. Sedangkan Irak tak tergoyahkan di peringkat pertama dengan koleksi 15 poin dari lima laga. Satu laga terakhir, Irak akan menjamu Vietnam. Apapun hasil Irak kontra Vietnam, tidak mempengaruhi dua tim yang lolos dari grup F. 

Indonesia yang mengenakan kostum putih berhasil mendominasi serangan sejak menit awal. Menit ke-26, tendangan Calvin Verdonk masih bisa diselamatkan kipper Filipina yang dijaga Kevin. 

Serangan Indonesia Kembali mengancam Filipina, namun kali ini , giliran tendangan Marselino diblok kiper Kevin. 

GOL yang dinanti akhirnya tercipta pada menit ke-32, lewat tendangan dari luar kotak penalty oleh Thom Haye. Indonesia memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-34, nyaris saja blunder kiper Ernando berakibat gol. Ernando berusaha menahan bola, namun kontrolnya tidak empurna sehingga bola lolos dari kakinya.runtung bola meluncur ke samping gawang dan hanya membuahkan tendangan penjuru untuk Filipina.