Resmi Dilantik, FPTI Pimpinan Yenny Wahid Berpeluang Besar Sumbang Medali Emas di Olimpiade Paris

KONI Pusat lantik PP FPTI pimpinan Yenny Wahid
KONI Pusat lantik PP FPTI pimpinan Yenny Wahid (Foto : KONI Pusat)

Antv – Prestasi panjat tebing, khususnya pada nomor speed putra sangat membanggakan Indonesia. Sembilan rekor dunia Men’s speed teratas dikuasai atlet Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin.

Beberapa prestasi dunia lainnya juga telah diraih atlet panjat tebing Indonesia, seperti dua medali emas, dua Perunggu pada International Federation Of Sport Climbing (IFSC) Rock Climbing Word Cup 2023, satu emas, dua perak, dua perunggu pada Asian Games Hangzou, dua emas, satu  perak, 2 perunggu pada Internasional Federation Of Sport Climbing (IFSC) Master Neom 2023.

Adapun dua atlet panjat tebing Indonesia, yakni Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi telah mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. Adi Mulyono mendapatkan tiket multievent akbar sejagad usai meraih medali emas IFSC Climbing Asian Qualifer 2023 di Jakarta, dan sebelumnya Desak Made Rita Kusuma Dewi telah terlebih dulu amankan tiket Olimpiade Paris 2024 pada IFSC di Korea Selatan Tahun 2022.

img_title
PP FPTI 2023-2027 pimpinan Ketum Yenny Wahid. (Foto: istimewa)

Dengan bukti prestasi yang membanggakan Indonesia di dunia, diharapkan atlet panjat tebing Indonesia dapat menjadi kontributor medali pada keikutsertaan Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

“Tradisi medali emas yang selama ini disumbangkan bulu tangkis, kali ini panjat tebing punya peluang besar,” ujar Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman usai resmi mengukuhkan dan melantik Ketum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP.FPTI) masa bakti 2023 – 2027 Dra. Zannuba Arifah CH. R atau Yenny Wahid beserta jajarannya, pada Senin 12 Februari 2024 di Wisma Kemenpora, Jakarta.

“Atlet panjat tebing Indonesia selalu membuat kita bangga akan prestasinya, baik tingkat ASEAN, Asia hingga dunia dan sebentar lagi Olimpiade Paris 2024,” terang Marciano optimistis seperti dirilis Humas KONI Pusat.