MU United FC Simbol Kebangkitan Sepakbola Maluku Utara

MU United FC Simbol Kebangkitan Sepakbola Maluku Utara
MU United FC Simbol Kebangkitan Sepakbola Maluku Utara (Foto : Dok. Maluku Utara FC)

Antv – Setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya Maluku Utara (MU) United FC menembus semifinal Liga 2 2024.

Pada partai terakhir penentuan grup Y Sabtu (3/2-2024) di Stadion Madya GBK Senayan Jakarta, MU United berhasil menaklukkan Deltras FC (2-1).

Kemenangan ini memastikan MU United jadi juara grup. Sekaligus membalas hasil imbang (1-1) saat laga tandang di Sidoarjo, 13 Januari lalu.

MU United sebelumnya berada di peringkat dua Grup Y. Tertinggal dua poin dari Deltras FC.

Tiket semifinal Liga 2 2024, membawa MU United selangkah lagi promosi ke Liga 1. Jika memenangkan partai semifinal (home and away), maka otomatis MU United promosi ke Liga 1.

Namun jika kalah, maka MU United harus memainkan pertandingan hidup-mati dengan sesama tim yang kalah di semifinal (home and away) memperebutkan tiket ketiga Liga 2 untuk promosi ke Liga 1.

Calon lawan tim berjuluk Laskar Kie Raha ini di semifinal adalah PSBS Biak (juara Grup Z), Semen Padang (juara Grup X) dan Persiraja Banda Aceh (runner-up terbaik).
Jadwal semifinal Liga 2 2024 menunggu hasil undian. Sedangkan tempat sesuai keputusan PT. LIB.

Di atas kertas MU United memiliki peluang untuk merebut tiket promosi ke Liga 1.
Bahkan berpeluang besar menjadi juara Liga 2 2024. Terlihat dari kualitas permainan dan semangat juang para pemain saat membekap tim sekuat Deltras FC.

Apalagi tim kebanggaan masyarakat Maluku Utara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Bukan saja dari masyarakat Maluku Utara, tapi juga masyarakat Maluku secara keseluruhan.

Bahkan Letjen TNI M. Saleh Mustafa, putra Maluku Utara yang kini menjabat Pangkostrad, sangat antusias memberikan dukungan.