Hasil Piala AFC 2023 : Irak 3-2 Vietnam, Jepang 3-1 Indonesia, Garuda Masih Bisa Lolos Dengan Syarat

Hasil Piala AFC 2023 Grup D : Indonesia 1-3 Jepang
Hasil Piala AFC 2023 Grup D : Indonesia 1-3 Jepang (Foto : PSSI)

Antv – Hasil pertandingan ketiga Grup D Piala Asia 2023, Indonesia kalah dari Jepang 1-3 di Stadion Al Thumama, Qatar, Rabu malam 24 Januari 2024. Pada pertandingan lain Grup D, Irak menang tipis atas  Vietnam 3-2.

Di klasemen akhir Grup D, Irak memimpin klasemen dengan sembilan poin dan Jepang di peringkat dua dengan enam poin. Indonesia di peringkat tiga dengan raihan tiga poin dengan selisih gol memasukan tiga gol dan kemasukan enam gol alias minus tiga.

img_title
Hasil Piala AFC 2023 Grup D : Indonesia 1-3 Jepang. (Foto: PSSI)

Dengan demikian Irak dan Jepang berhak melaju ke babak 16 besar sebagai wakil Grup D. Namun Indonesia juga bisa lolos dengan status peringkat tiga terbaik. Dari enam grup, empat tim berhak lolos dari jalur peringkat tiga terbaik.

Namun peluang Indonesia masih tergantung pertandingan lain di Grup E dan Grup F. Di Grup E ada Bahrain lawan Jordan dan di Grup F ada Oman lawan Kirgystan.

Di awal pertandingan Indonesia harus harus menerima kenyataan pahit diganjar tendangan penalti di menit kelima. Ini karena Jordi Amat dinilai melakukan pelanggaran kepada penyerang Jepang, Ayase Ueda.

Wasit asal Qatar, Khamis Mohamed Al-Marri sebenarnya tidak langsung memutuskan penalti. Ia lebih dulu mengamati insiden antara Jordi Amat dan Ueda melalui Video Assistant Referee (VAR). Kemudian, Al-Marri memutuskan pelanggaran yang dilakukan oleh Jordi Amat. Ueda maju sebagai eksekutor penalti dan melaksanakan tugasnya dengan baik untuk membawa Jepang memimpin 1-0 di menit keenam.