Piala Asia 2023 : Prediksi Indonesia vs Jepang, Peluang Garuda Catat Sejarah Lolos 16 Besar

Gol penalti Asnawi menangkan Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023
Gol penalti Asnawi menangkan Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023 (Foto : PSSI)

Antv – Prediksi pertandingan Piala Asia 2023 di Grup D, Indonesia lawan Jepang di Stadion Al Thumama, Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Laga lain di Grup D, Irak akan melawan Vietnam.

Di klasemen Grup D, Irak dipastikan sudah lolos ke babak 16 besar karena telah mengantongi dua kemenangan usai mengalahkan Vietnam 4-2 dan Jepang 2-1. Sedangkan Vietnam dipastikan tersingkir akibat menelan dua kekalahan.

Pemenang Indonesia lawan Jepang, berebut satu tiket untuk bisa menemani Irak sebagai wakil Grup D ke babak 16 besar. Selain tiket runner up Grup, masih ada satu tiket lagi yakni peringkat tiga terbaik. Dari enam grup, akan terpilih empat tim sebagai peringkat tiga terbaik.

Indonesia sendiri sudah dua kali bertanding, dengan rekor kalah dari Irak 1-3 dan menang atas Vietnam 1-0. Indonesia kini menempati peringat tiga dengan koleksi tiga poin. Indonesia lawan Jepang akan menentukan nasib Indonesia untuk mencatat sejarah, kali pertama lolos ke babak 16 besar. Jika menang atau seri Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar. Namun jika kalah, Indonesia punya peluang lolos satu dari empat tim sebagai peringkat tiga terbaik.

Untuk memenuhi syarat lolos, pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri menegaskan dirinya dan tim siap tampil habis-habisan bahkan siap mempertaruhkan nyawa.

"Tentu jika lolos kami akan menciptakan sejarah baru untuk Indonesia. Ini juga jadi impian bagi banyak masyarakat Indonesia. Kami tahu ini tidak mudah, tapi ini bukan sesuatu yang tidak mungkin. Kami sudah punya peluang di depan mata, kami akan berjuang untuk meraihnya," ucap Egy.

Timnas Indonesia ingin mengulang 43 tahun lalu, dimana mereka berhasil meraih kemenangan atas Timnas Jepang dengan skor 2-0. Namun dalam lima perjumpaan terakhir, Timnas Jepang lebih diunggulkan dengan meraih dua kali kemenangan, dua kali imbang dan satu kali kekalahan.