Luar Biasa! Atlet Angkat Besi Indonesia Pecahkan Rekor Clean and Jerk di IWF World Championships

Rahmat Erwin Abdullah (kiri) Raih 1 Medali Emas dan 1 Medali Perak
Rahmat Erwin Abdullah (kiri) Raih 1 Medali Emas dan 1 Medali Perak (Foto : Dok. Pabs)

AntvAtlet Angkat Besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah berhasil membawa pulang 1 emas dan 1 perak, serta pantas dijuluki 'The King Of Clean and Jerk' karena berhasil memecahkan Rekor Dunia Clean and Jerk dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi "IWF World Championships 2023" di Riyadh, Arab Saudi.

Bertanding di kelas 81kg, peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 di kelas 73kg itu, berada di grup B tetap tampil konsisten dengan tidak terlalu memaksakan diri untuk bersaing di Grup A yang dihuni oleh lifter-lifter kelas dunia.

Pada jenis angkatan Snatch, Rahmat Erwin Abdullah hanya melakukan sekali angkatan yakni, 145kg. Ia tidak merubah berat angkatannya itu pada kesempatan kedua dan ketiga.

Namun, pada angkatan Clean and Jerk yang menjadi 'senjata' andalan lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000 itu, memulainya dengan angkatan seberat 195kg, ia kemudian menambah beban seberat 5kg menjadi 200kg pada  angkatan kedua dan berhasil.

Kesempatan melakukan angkatan ketiga, Rahmat Erwin Abdullah berhasil mempertajam Rekor Dunia jenis angkatan Clean and Jerk menjadi 209kg dari rekor sebelumnya 208kg yang diciptakan lifter berusia 19 tahun asal Bulgaria, Nasar Karlos May Hasan, pada Kejuaraan Dunia 2021.

img_title
Atlet Angkat Besi di IWF World Championships 2023. (Foto: Dok. PABSI)

Hasil gemilang ini, membuat Rahmat Erwin Abdullah menjadi yang terbaik di Grup B dengan angkatan Snatch 145kg dan Clean and Jerk 209kg, serta Total Angkatan  354kg.