Liga 2 Resmi Bergulir 10 September 2023, Persela Lamongan vs Persijap Jepara Jadi Laga Pembuka

Liga 2 Bergulir 10 September 2023
Liga 2 Bergulir 10 September 2023 (Foto : ANTVklik/Eko Djatmiko)

Antv – PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menggulirkan Liga 2 musim 2023/2024 yang akan mulai bergulir pada 10 September 2023.

Menggandeng BUMN Pegadaian, opening ceremony kompetisi kasta kedua di Indonesia itu akan digelar di Lamongan, Jawa Timur, Persela Lamongan versus Persijap Jepara jadi laga pembuka.

"Kenapa kami memilih di Lamongan karena memang kami butuh exposure yang lebih besar karena kami tahu Persela dan Persijap Jepara adalah mantan kontestan Liga 1 di musim-musim sebelumnya," kata Direktur PT LIB Ferry Paulus disela peluncuran kompetisi Liga 2 di Jakarta Pusat, pada Selasa, 05 September 2023.

"Kedua dari infrastruktur yang ada itu juga sangat memadai apalagi di Jawa, kemudian dari sisi loading dan sebagainya itu menjadi pilihan kami kenapa harus di sana," sambungnya.

Dalam format kompetisi yang diputuskan oleh PSSI dan LIB, Kompetisi Liga 2 2023/24 akan terbagi ke dalam 4 grup dengan total 28 klub peserta, di mana masing-masing grup akan diisi oleh 7 klub.

Babak pendahuluan di atas akan bermain dalam sistem double round robin, home and away. Tiga klub teratas pada klasemen akhir setiap grup berhak melaju ke babak 12 besar. Sementara 4 klub terbawah pada klasemen akhir setiap grup akan tampil dalam babak Play-Off degradasi.

Babak 12 besar akan berisi 3 grup, masing-masing-masing grup terdiri dari 4 klub dan bermain dalam sistem double round robin, home and away.