Ketum PSSI Erick Thohir: Beri Kesempatan Wasit Wanita

Ketum PSSI Erick Thohir: Beri Kesempatan Wasit Wanita
Ketum PSSI Erick Thohir: Beri Kesempatan Wasit Wanita (Foto : Instagram)

Antv – Pada konferensi pers setelah terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, Kamis (16/2/2023) silam, Erick Thohir menyinggung beberapa langkah yang akan dilakukan untuk membenahi PSSI, salah satu di antaranya adalah menambah wasit wanita.

"Kenapa tidak kita coba wasit perempuan juga? Ada polisi perempuan, ada TNI perempuan, kenapa wasit tidak bisa? Karena saya yakin, dari pengalaman saya di tempat lain, ketika saya dorong jumlah kepemimpinan wanita itu perubahannya sangat signifikan," terang Menteri BUMN itu kepada awak media.

Terkait kehadiran wasit wanita yang saat ini masih banyak memimpin pertandingan di level non profesional, Ercik Thohir pun menginginkan memberikan kesepatan kepada wasit wanita.

Dalam unggahannya di akun Instagramnya, Erick menyebut bahwa, sangat terbuka wasit wanita bisa memimpin pertandingan di Liga 1.

"Beri Kesempatan Wasit Wanita

Saya bertemu Nilam, Imelda, dan Sarah saat meninjau seleksi Timnas U-17 di Senayan, Jakarta. Mereka telah menjadi wasit sejak 2016 dan berharap bisa naik ke jenjang lebih tinggi sebagai wasit profesional.

Sejak awal menjadi Ketua PSSI, saya memang mendorong jumlah wasit wanita semakin banyak. Ke depan mereka juga memiliki kesempatan memimpin pertandingan di level profesional.

Di Eropa sudah lazim menggunakan wasit wanita. Piala Dunia 2022 juga sudah ada wasit wanita memimpin pertandingan. Kenapa tidak, Indonesia juga ada wasit wanita memimpin pertandingan Liga 1?" tulis Erick Thohir dalam unggahnnya di akun instagram pribadinya @erickthohir, Rabu (16/8/2023).

 



Diketahui, jumlah wasit perempuan di Indonesia memang belum banyak, salah satu wasit perempuan berlisensi C1 yang pernah memimpin Liga 1 Putri dan turnamen perempuan lainnya, yakni Alenne T Laloan.

Dia pun pernah mengungkapkan tentang kendala menjadi wasit perempuan di Indonesia dan harapannya untuk pengurus PSSI yang baru.

Yang jelas menurut aku pribadi itu benar-benar positif dan ngasih harapan buat aku dan teman-teman wasit yang lain, karena dari yang sebelum-sebelumnya mungkin sudah ada seperti kompetisi atau job buat kami (wasit perempuan), tapi kami masih minoritas, masih dikesampingkan, dan masih banyak juga kompetisi perempuan pakai wasit cowok. Walaupun sudah ada wasit perempuan, cuma kan belum sepenuhnya (pakai wasit perempuan). Dengan adanya dukungan dari ucapan Pak Erick ya semoga aja bisa lebih baik," ujar Alenne T Laloan.