PSSI dan PT LIB Terus Matangkan Program VAR Demi Kualitas Liga Indonesia yang Lebih Baik

PSSI Matangkan Program VAR
PSSI Matangkan Program VAR (Foto : Dok. PSSI)

AntvPSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mendatangkan instruktur FIFA, Subkhiddin untuk melakukan program pelatihan Video Assistant Referee (VAR). Ini merupakan rangkaian dari program pelatihan VAR yang kedua.

Program pelatihan VAR bakal dilaksanakan selama tiga hari yang berlangsung sejak 18 hingga 20 Juli 2023 di Jakarta. Nantinya, program latihan yang diberikan per harinya bakal dilakukan dalam beberapa sesi dengan pengenalan sistem VAR.

Dalam program pelatihan ini setiap hari para peserta akan dipresentasikan materi-materi dasar dan pengenalan terkait sistem VAR. Hal yang paling mendasar tentu adalah Law of The Game (LoTG) yang menjadi pedoman untuk mengambil keputusan. Di akhir program pelatihan, akan ada tes bagi semua peserta terkait semua materi yang dipresentasikan selama 3 hari.

Di hari pertama pelatihan, para peserta pun akan diwajibkan untuk mempelajari LoTG tahun 2023-2024 diikuti materi pengenalan dan analisis pendukung lainnya.

Sementara di hari kedua dan ketiga, para peserta akan mempelajari hal-hal teknis terkait pengambilan keputusan, diikuti trivia/kuis dan tes dengan menyaksikan rekaman video sebelum akhirnya menutup program dengan kesimpulan.

Seperti diketahui VAR adalah teknologi kamera video yang sudah lazim digunakan di dunia sepakbola internasional untuk membantu wasit agar dapat memimpin laga sepak bola dengan tertib dan adil sesuai peraturan.

Teknologi VAR untuk kali pertama telah diuji coba pada laga internasional antara Perancis melawan Italia pada Juni 2016.