Liga 2 Dimulai September 2023, Boleh Gunakan Dua Pemain Asing

Pertemuan Pemilik Klub Liga 2, bahas kompetisi mulai September 2023
Pertemuan Pemilik Klub Liga 2, bahas kompetisi mulai September 2023 (Foto : istimewa)

Antv – Sebanyak 28 pemilik klub dari Liga 2 berkumpul untuk mengadakan pertemuan yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Pertemuan itu untuk mematangkan kompetisi musim ini.

Pertemuan jelang musim baru kompetisi Liga 2 2023/2024 ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Zainudin Amali, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Exco PSSI Endri Erawan, Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini seperti regulasi, format kompetisi, kalendar kompetisi, dan lain sebagainya. Tak hanya soal regulasi yang akan terapkan di Liga 2 musim ini saja. Akan tetapi, ada beberapa hal yang memang dibahas secara rinci dalam pertemuan ini terkait sistem kompetisi dan yang lainnya. Adapun kompetisi akan dimulai bulan September mendatang dengan diawali turnamen pramusim lebih dulu.

"Ini supaya klub Liga 2 naik kelas, supaya mereka sudah terbiasa bagaimana caranya menangani pemain asing. Jadi saat promosi ke Liga 1, klub sudah terbiasa," kata ferry, Selasa 27 Juni 2023.

Format kompetisi tak mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan Liga 2 musim 2022 yang tak selesai itu. Sebanyak 28 klub akan dibagi ke dalam empat grup A, B, C, dan D.

Di fase grup formatnya sama yakni double round-robin atau setiap tim bertanding dua kali home-away menghadapi tim yang sama. Berlanjut dari fase grup, klub kemudian akan diadu ke babak 16 besar, 8 besar, semifinal, dan final.

Ada tiga slot yang akan diperebutkan untuk promosi ke Liga 1. Mereka yang berhak promosi adalah mereka yang menjadi juara, runner-up, dan peraih posisi ketiga.