Erick Thohir Dukung UMKM Demi Jadi Ekosistem Sepak Bola Indonesia

Erick Thohir berkunjung ke Garuda Store
Erick Thohir berkunjung ke Garuda Store (Foto : ANTVKlik/Firman)

AntvKetua Umum PSSI, Erick Thohir mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi ekosistem industri sepak bola Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Garuda Store PSSI yang berlokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu, 17 Juni 2023 kemarin.

Garuda Store saat ini ada warna baru pada sejumlah merchandise dan produk-produk penjualan terutama jelang laga FIFA Matchday Indonesia melawan Argentina pada Senin, 19 Juni 2023 malam WIB.

img_title
Garuda Store di SUGBK. (Foto: Dok. PSSI)

Produk-produk merchandise apparel Juara untuk Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya di Indonesia juga turut dijual.

“Saya rasa ada dua hal yang penting. Produk-produk ini kan buatan Indonesia. Kita mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Indonesia menjadi ekosistem industri sepakbola karena kita lihat data-data ekonomi sepakbola itu bisa mencapai Rp7 triliun ,” kata Erick Thohir.

“Memang hasil penelitiannya belum keluar. Mudah-mudahan akhir tahun ini atau beberapa bulan lagi keluar hasil penelitiannya. Artinya apa? Ini ekosistem industri sepakbola ini sangat kuat. Pertandingan-pertandingan sepakbola ini tidak hanya sekadar pertandingan, tetapi menghidupkan ekonomi, warung, dan UMKM jualan masyarakat,” tambahnya.

Erick juga menyatakan bagaimana PSSI mengapresiasi industri sepakbola. Apalagi bisa dilihat pertandingan Indonesia melawan Palestina dan Argentina itu back to back dalam sejarah sepakbola Indonesia dengan tiket yang langsung sold out.