PTO Asian Open Pertama Kali Hadir di Asia, Dorong Olahraga Triathlon ke Level Dunia

PTO Asian Open Pertama Kali Hadir di Asia
PTO Asian Open Pertama Kali Hadir di Asia (Foto : Istimewa)

Antv – Professional Triathletes Organization (PTO) mengumumkan peluncuran salah satu sirkuit triathlon paling iconic di dunia sebagai bagian dari PTO Asian Open pertama yang akan diadakan di Singapura pada 19-20 Agustus 2023 mendatang.

Hadir dalam konferensi pers di Jakarta secara virtual hari ini, Ashleigh Gentle, World’s Top Ranked PTO, mengatakan bahwa PTO Asian Open yang baru-baru ini diumumkan dapat 'membawa olahraga triathlon ke tingkat lebih tinggi’ bagi para atlet triathlon profesional dan pemula berpengalaman di Indonesia dan Asia.

PTO sendiri merupakan komunitas olahraga baru yang diciptakan bersama dengan para atlet profesional, berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan olahraga triathlon dan membawanya ke tingkat dunia.

Berbicara untuk pertama kalinya sejak menjadi PTO World #1 - diikuti oleh pengenalan PTO World Ranking System terbaru di awal pekan ini - Atlet Australia berusia 31 tahun ini mengatakan:

“Saya pernah berkompetisi di Singapura beberapa kali dulu ketika saya masih sangat muda, di Piala Asia dan kemudian di awal tahun 2019. Saya sangat menyatu dengan tempat itu, tetapi jelas, bersama dengan PTO Asian Open, pengalaman kompetisi bagi para profesional akan berbeda dan naik ke level lebih tinggi–juga bagi para pemula berpengalaman yang memiliki kesempatan untuk berlomba di sirkuit 100 km yang sama di spot iconic di kota tersebut.” ujar Ashleigh.

Detil sirkuit sepanjang 100km (renang 2km; sepeda 80km; lari 18km) para profesional dan juga pemula berpengalaman di PTO Asian Open akan segera diumumkan, para wanita dan pria yang akan berlomba di sekitar Marina Bay Financial District dapat menikmati keindahan yang iconic mulai dari Jembatan Helix, Merlion dan Singapore Flyer.

Hadir dan juga berbicara saat konferensi pers, Atlet triathlon profesional Indonesia, Andy Wibowo, yang pernah berlomba di sejumlah kompetisi jarak jauh, Ironman di kategori jarak penuh maupun setengah di seluruh dunia dan bersiap untuk Ironman World’s Championship di Nice pada bulan September mendatang tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya:

"Wow. Saya telah melakukan beberapa kali kompetisi triathlon yang luar biasa, termasuk IM World Kona, Challenge Roth dan IM 70.3 Zell am see. Namun bisa mengikuti atlet profesional kelas dunia seperti Ashleigh dalam 100km Odyssey mengelilingi Singapura dan Marina Bay akan benar-benar luar biasa.” ujar Andy.

Menghadiri acara media secara langsung, CEO PTO, Sam Renouf, berbicara lebih banyak mengenai PTO Tour dan peluang unik yang akan diberikannya kepada atlet triathlon pemula berpengalaman di wilayah tersebut.

“Kami sangat senang dapat berada di Jakarta untuk berbicara mengenai PTO dan PTO Asian Open yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus. Beberapa acara olahraga besar di seluruh dunia menawarkan kesempatan bagi para pemula berpengalaman untuk berlomba dengan atlet terbaik di dunia. Kita semua dapat menyaksikan para pembalap Formula 1 berlomba di sirkuit lomba di Singapura, namun kita tidak bisa merasakan bagaimana mengemudikan mobil F1 dan berlomba di lintasan. Kita dapat melihatnya di acara PTO nanti.” ungkap Sam.

Informasi lebih lanjut tentang mengenai PTO Asian Open 100km untuk profesional dan pemula berpengalaman dapat ditemukan di situs PTO. Pendaftaran umum akan dibuka mulai minggu depan.

Bersamaan dengan kompetisi 100km bagi profesional dan pemula berpengalaman, PTO Asian Open juga akan menawarkan kesempatan menarik bagi atlet triathlon pemula dan penggemar olahraga sehari-hari untuk ikut bergabung, seiring dengan banyaknya berbagai kompetisi pemula yang banyak berlangsung selama akhir pekan. Rincian lebih lanjut mengenai hal ini akan segera dirilis.