Sudah Digelar, Inilah Format dan Regulasi Piala AFF 2022

Sesaat Lagi Digelar, Inilah Format dan Regulasi Piala AFF 2022
Sesaat Lagi Digelar, Inilah Format dan Regulasi Piala AFF 2022 (Foto : Dok. aseanfootball.org)

AntvPiala AFF 2022 mulai digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang dengan format yang berbeda jika dibanding pada edisi 2020 lalu.

Pada edisi 2020, Piala AFF digelar dengan tuan rumah tunggal karena kondisi pandemi Covid-19.

Pada Piala AFF 2022 kali ini, format yang dipakai akan kembali pada edisi 2018. Sepuluh negara akan dibagi menjadi dua grup, masing-masing grup lima negara. 

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Laga perdana Skuad Garuda bakal berlangsung pada Jumat (23/12/2022) di Stadion Gelora Bung Karno melawan Kamboja.

Kompetisi digelar dengan format round robin dengan setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang. Dua tim peringkat paling atas fase grup akan lolos ke babak semifinal. 

Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B. Juara Grup B akan berjumpa runner-up Grup A. Babak semifinal hingga final akan digelar dengan sistem dua leg, kandang dan tandang. 

Sedangkan aturan penentuan tim di klasemen fase awal untuk lolos ke semifinal ada tiga. Pertama tentu jumlah poin. Tim terbanyak mendapatkan poin di grupnya akan lolos sebagai semifinalis.