Festival Angklung 2023 Didukung Kemenparekraf dan Disparbud Jabar, Iringi Nada Kebanggaan Indonesia

Festival Angklung 2023 Didukung Kemenparekraf dan Disparbud Jabar
Festival Angklung 2023 Didukung Kemenparekraf dan Disparbud Jabar (Foto : Istimewa)

Antv – Sabtu, 2 Desember 2023, menjadi tanggal yang tak terlupakan di kalender seni budaya Indonesia. Festival Angklung 2023 akan menggelorakan keindahan tradisi musik angklung di Hotel Santika Premier Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat.

Tidak hanya sebagai pertunjukan biasa, festival ini menjadi semakin megah dengan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar).

Acara ini bukan sekadar penampilan biasa. Berbagai pertunjukan menarik akan memukau penonton, termasuk kolaborasi unik dari Manshur Angklung dan Angklung Orchestra.

 Manshur, seorang pemain angklung asli Bandung yang sukses meraih ketenaran internasional, akan membawa pengalaman berharga dalam mengangkat dan memperkenalkan keindahan angklung ke panggung dunia.

Prestasi Manshur yang tak terduga membuktikan bahwa angklung bukan hanya alat musik lokal, tetapi juga simbol kebanggaan Indonesia yang mampu bersinar di kancah internasional.

Keterlibatan Manshur sebagai salah satu bintang utama di Festival Angklung 2023 menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mencintai dan menghargai kearifan lokal di tengah gempuran teknologi digital.

Acara ini tidak hanya menyajikan pertunjukan dari Manshur saja, tetapi juga tampilan menarik dari Dutklung Project, Samgo Band, Angklung SMANTIKA, Sanggar Seni DNR, dan musik kolaborasi yang mempertemukan keberagaman dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu.

Festival Angklung 2023 bukan hanya panggung hiburan semata. Digelar dalam rangka memperingati Perundingan Linggarjati yang ke-77, serta penobatan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung selama 6 tahun, acara ini diharapkan menjadi pendorong positif bagi ekonomi kreatif di sekitarnya.

Transportasi, kuliner, kerajinan, dan destinasi wisata akan turut merasakan getaran positif dari keseruan festival ini.

Angklung, yang telah tumbuh dan berkembang di Kuningan sejak tahun 1938, akhirnya mendapatkan pengakuan setinggi langit pada 16 November 2010, saat UNESCO menetapkannya sebagai salah satu warisan dunia. Kabupaten Kuningan pun mendapat gelar sebagai Kabupaten Angklung oleh Kemenparekraf Republik Indonesia.

Mari saksikan kegembiraan, kebanggaan, dan keajaiban musik Angklung bersama-sama di Festival Angklung 2023.

Sebuah perayaan megah yang tak hanya mengharmoniskan nada-nada tradisional, tetapi juga mengajak kita semua untuk mencintai dan merayakan kekayaan budaya yang menjadi jati diri Indonesia.