Bukti Terkumpul! Kasus Pelecehan Seksual Michael Jackson Kembali Dibuka

Michael Jackson
Michael Jackson (Foto : USA Today)

Antv – Pengadilan banding California membuka kembali tuntutan atas kasus pelecehan seksual oleh mendiang Michael Jackson pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Seperti dilansir dari Billboard pada Minggu, 20 Agustus 2023, tuntutan tersebut diajukan oleh dua orang pria yang mengaku telah mengalami pelecehan seksual oleh Michael Jackson selama bertahun-tahun ketika mereka masih kecil.

Panel tiga hakim dari Pengadilan Banding Distrik ke-2 California menemukan bahwa tuntutan hukum yang diajukan oleh Wade Robson dan James Safehhuck seharusnya tidak dibatalkan oleh pengadilan yang lebih rendah.

Pengadilan banding mengatakan bahwa orang-orang tersebut dapat secara sah mengklaim bahwa dia perusahaan milik Jackson yang disebut sebagai terdakwa dalam kasus itu, memiliki tanggung jawab untuk melindungi mereka.

Undang-undang baru California sendiri telah memperluas cakupan kasus pelecehan seksual, sehingga memungkinkan pengadilan banding untuk membuka kasus itu lagi.

Robson mengajukan tuntutan pada 2013, dan Safehuck mengajukan tuntutan pada tahun berikutnya. Kedua pria tersebut menjadi lebih dikenal luas karena menceritakan kisah mereka dalam film dokumenter HBO 2019 berjudul Leaving Neverland.

Seorang hakim yang menolak gugatan pada 2021 lalu menemukan bahwa perusahaan MJJ Productions Inc. dan MJJ Ventures Inc., tidak dapat memberikan perlindungan kepada Robson dan Safechuck.