Pj Gubernur Bahtiar Serahkan Bantuan Alat Perajang Pisang untuk Kecamatan Mare

Pj Gubernur Bahtiar Serahkan Bantuan Alat Perajang Pisang untuk Kecamatan Mare
Pj Gubernur Bahtiar Serahkan Bantuan Alat Perajang Pisang untuk Kecamatan Mare (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Antv – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Penyerahan dilakukan di sela peninjauan lahan budidaya pisang Cavendish, di Desa Batugading, kemarin, Rabu, 13 Maret 2024.

Alat pencacah ini diciptakan Politeknik Akademik Teknik Industri (ATI) Makassar. Mesin ini mampu mengolah pisang 150-200 kg per jam.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas PMD Sulsel, Dr. Andy, mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya, dengan memberikan bantuan bibit dan juga alat produksi.

"Untuk Kecamatan Mare ini, untuk masyarakat yang memiliki usaha kripik pisang kita berikan alat pencacah atau perajam pisang yang lebih modern, bekerjasama dengan Akademi Teknik Industri Makassar," katanya.

Dengan adanya bantuan ini, ia yakin akan memudahkan para pelaku UMKM keripik pisang untuk lebih bisa mempercepat dan memperbanyak produksi karena sudah menggunakan listrik dan alatnya juga sederhana tepat guna.

img_title
Pj Gubernur Bahtiar Memperlihatkan Cara Kerja Alat Perajang Pisang. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

"Tentunya masyarakat pemakai nanti bisa produksi dan kualitasnya bisa lebih bagus. Insya Allah ke depan ini bisa meningkatkan taraf hidup kelompok yang menerima bantuan tersebut," ujarnya.