Bantu Kesulitan Masyarakat di Perbatasan Satgas Yonif 122/TS Alirkan Air Bersih ke Rumah-Rumah Warga

Bantu Kesulitan Masyarakat di Perbatasan Satgas Yonif 122/TS Alirkan Air Bersih ke Rumah-Rumah Warga
Bantu Kesulitan Masyarakat di Perbatasan Satgas Yonif 122/TS Alirkan Air Bersih ke Rumah-Rumah Warga (Foto : Dok. Satgas Yonif 122/Tombak Sakti)

Antv – Semangat Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, yang berada di bawah naungan Korem 172/PWY, Pos Wambes dalam membantu masyarakat untuk mengalirkan air bersih ke rumah-rumah masyarakat Kampung Wambes, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa, (05/12/2023).

Dijelaskannya, sebagai Tentara Rakyat, TNI hadir untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi warga masyarakat khususnya di wilayah perbatasan. Salah satunya melalui program manunggal air untuk membantu kebutuhan air bersih masyarakat kampung Wambes.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 122/TS Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, dalam rilis tertulisnya, Selasa (05/12/2023).

Kesempatan tersebut Danpos Wambes Sertu Gisnazar Algifari menjelaskan, kegiatan diawali dengan penentuan titik–titik penampungan air, pemasangan selang dari sumber air lalu dialirkan menuju tandon air, kemudian air dialirkan ke rumah-rumah warga.

"Dengan harapan adanya penyaluran sumber air yang bersih untuk masyarakat dapat mempermudah mencukupi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan menghasilkan air bersih untuk kesehatan masyarakat Kampung Wambes," ujar Danpos Wambes Sertu Gisnazar Algifari.

Frans Abar (68) selaku Kepala Kampung Distrik Wambes membenarkan bahwa, warganya selalu kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencuci, masak dan minum.

Selama ini, masyarakat hanya menggunakan air tadah hujan dengan memanfaatkan drum sebagai wadah air apabila hujan turun.

Hal itu dilakukan warga yang menemui kendala dengan sumber air dari kampung yang jaraknya cukup jauh.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, masyarakat mengucapkan terima kasih dan sangat senang dengan mengalirnya air ke rumah-rumah warga.