Siapkan Generasi Muda Kreatif, FIKOM Universitas Esa Unggul Gelar Kompetisi Presenter Hunt 2023

Siapkan Generasi Muda Kreatif, FIKOM Universitas Esa Unggul Gelar Kompetisi Presenter Hunt 2023
Siapkan Generasi Muda Kreatif, FIKOM Universitas Esa Unggul Gelar Kompetisi Presenter Hunt 2023 (Foto : Istimewa)

Antv – Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Esa Unggul menggelar kompetisi Presenter Hunt 2023. Acara ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak talenta muda kreatif yang memiliki bakat menjadi presenter atau reporter andal.

Bekerja sama dengan ANTV dan ASPIKOM, kompetisi Presenter Hunt 2023 sudah dimulai sejak 9 November 2023 dan acara puncak dilaksanakan pada 30 November 2023, di Kemala Ballroom, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

“Kami dari FIKOM merasa bangga dan bahagia karena sejak dibuka registrasi, peminatnya melimpah dari beberapa daerah, dan hari ini mahasiswa yang menjadi finalis berkumpul dan memberikan hal terbaik dari diri mereka dalam acara final Presenter Hunt 2023,” kata Wakil Dekan FIKOM Universitas Esa Unggul DR. Erna Febriani, S.Si., M.Si.

DR. Erna Febriani juga menyampaikan pesan 'Selamat' kepada para pemenang, juga kepada seluruh finalis agar terus meningkatkan minat dan bakatnya melalui ajang pembelajaran kompetisi seperti Presenter Hunt 2023.

Dr. Erna juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini adalah hasil kerja dari mahasiswa peminatan Hubungan Masyarakat yang merupakan karya akhir mereka dengan bimbingan dosen-dosen.

Hal ini merupakan kegiatan rutin kami untuk terus meningkatkan capaian IKU yang menekankan kontribusi pada bukan saja mahasiswa yang akan menjadi lulusan pada generasi emas Indonesia, namun juga pada institusi Pendidikan dan sivitas akademik di dalamnya, serta mengisi posisi yang diperlukan industry.

Di kesempatan yang sama, Anna Agustina Ph.D, CPR selaku Sekjen ASPIKOM turut mengapresiasi acara Presenter Hunt 2023. Anna berharap kegiatan Presenter Hunt 2023 dapat menginspirasi universitas di seluruh Indonesia.

Mengingat hal ini sesuai dengan Indeks Kinerja Utama atau IKU yang ditetapkan oleh DIKTI untuk mendorong potensi mahasiswa dengan dukungan dosen dan program studi.
Anna juga menyampaikan bahwa ASPIKOM selalu mendukung setiap program studi yang menjadi anggotanya untuk terus berkarya dalam melalui kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan oleh FIKOM Universitas Esa Unggul ini, dimana industri juga dilibatkan untuk mengenalkan kerjaan yang sesungguhnya pada mahasiswa, membuka peluang kerja pada prodi yang sesuai secara langsung, sehingga meningkatkan serapan lulusan sesuai bidang keilmuan prodi.

Acara puncak Presenter Hunt 2023 dilaksanakan pada 30 November 2023, dibuka dengan acara Sharing with The Experts bertajuk “How to Be Creative in The Media Industry.

Dua narasumber kawakan dari dua stasiun televisi nasional terkemuka di Indonesia, yakni Manager Content & Production ANTV Angghi Muliya Ma'mur, dan Presenter tvOne Shinta Kesumadewi Syam, menyampaikan materi terkait proses yang perlu dijalani dan ditekuni oleh mahasiswa jika ingin menjadi presenter televisi.

Lebih dalam lagi, masing-masing membahas mengenai “Kiat Sukses Produksi Program TV” dan “Tips Membawakan Program Acara”.

Acara dilanjutkan dengan Grand Final Presenter Hunt 2023. Dari ratusan peserta yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi Presenter Hunt 2023, di babak grand final ini, ada 10 finalis yang turut berkompetisi secara langsung dihadapan para juri dan penonton.

Selanjutnya, para juri memberikan penilaian terbaiknya atas penampilan para finalis, hingga terpilih tiga juara utama dan dua juara harapan.

Juara Pertama, diraih oleh Key-ko An-Najibah dari Universitas Gajayana Malang. Juara Kedua, diraih oleh Taskia Albinta Guritno dari Universitas Esa Unggul. Juara Ketiga, diraih oleh Nirmala Risman Wita Putri dari Universitas Bhayangkara Jakarta.

Sedangkan, untuk Juara Harapan Satu diraih oleh Sabrina Zulfanova Saputri dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Juara Harapan Dua diraih oleh Cintia Carla Ardiyan dari Politeknik Tempo.

Informasi lebih lanjut, bisa dilihat melalui Instagram @presenterhunt2023.