Presiden RI Joko Widodo Akan Melantik KSAD Baru di Istana Negara, Ini Dia Kandidatnya

Presiden RI Joko Widodo Akan Melantik KSAD Baru
Presiden RI Joko Widodo Akan Melantik KSAD Baru (Foto : BPMI Setpres)

Antv – Pada Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB nanti, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersiap melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru, mengisi kekosongan setelah Jendral Agus Subiyanto naik pangkat menjadi Panglima TNI.

"Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB. Dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Ari Dwipayana, dalam pesan singkat ysng diterima wartawan pada Rabu (29/11/2023) pagi.

Tiga tokoh berpengalaman, Letjen Suharyanto, Letjen I Nyoman Cantiasa, dan Letjen Maruli Simanjuntak, tengah memperebutkan posisi prestisius ini.

Ketiganya telah diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai calon yang memiliki kapabilitas tinggi.

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden Jokowi, Ari Dwipayana, acara pelantikan tersebut akan berlangsung tepat waktu.

Pesan singkat yang diterima oleh wartawan pada pagi hari menambahkan nuansa ekspektasi terhadap siapa yang akan memimpin TNI AD ke depan.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, memberikan dukungan penuh kepada ketiga kandidat tersebut.

Dalam pernyataannya, ia menyebutkan bahwa ketiganya adalah jenderal bintang tiga yang sangat mumpuni.

Dukungan dari Komisi I DPR memberikan kepastian bahwa proses pemilihan calon KSAD ini telah melalui pertimbangan matang.

Presiden Jokowi sendiri memberikan konfirmasi positif terkait kemungkinan salah satu dari ketiga calon akan mengemban jabatan KSAD. Dengan singkat, beliau mengakui bahwa peluang tersebut sangat nyata.

"Ya, betul," kata Presiden singkat.

Hal ini menambah sentuhan dramatis dalam proses pemilihan dan memberikan gambaran bahwa TNI AD Indonesia akan dipimpin oleh seorang pemimpin militer yang terbaik.