3 Bulan Kekeringan, Warga di Pringsewu Lampung Tempuh Jarak 1 Kilometer Demi Air Bersih

3 Bulan Kekeringan, Warga di Pringsewu Lampung Tempuh Jarak 1 Kilometer Demi Air Bersih
3 Bulan Kekeringan, Warga di Pringsewu Lampung Tempuh Jarak 1 Kilometer Demi Air Bersih (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Dampak kekeringan yang terjadi sejak 3 bulan terakhir membuat puluhan warga di Desa Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, terpaksa mengambil air di sumur persawahan  untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya, warga terpaksa harus mengambil air dari sumur yang berada di dekat persawahan.

Setiap pagi dan sore hari, warga harus bolak-balik mengambil air dari sumur tersebut dengan menempuh jarak sejauh 1 kilometer menggunakan sepeda motor.

Menurut warga, kekeringan melanda di desanya itu sudah berjalan tiga bulan sehingga membuat warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Susah, sumurnya sudah dalam, jika ditimba airnya keruh. Sumur manual bukan sumur bor," keluh Misnanto, Kamis (5/10/2023).

Selama ini kata Misnanto, warga masyarakat sekitar memanfaatkan sumber air tersebut setiap pagi dan sore diambil airnya.

"Kalau pagi dan sore ramai mengambil air. Sekitar 30 kepala keluarga memanfaatkan sumber air tersebut untuk minum, masak, mandi, mencuci," jelasnya.

Warga pun berharap kepada pemerintah daerah agar warga masyarakat diperhatikan terkait kesulitan mendapatkan air bersih.

"Dibantulah, sumurnya diperbaiki atau dibantu sumur bor agar warga tidak kesulitan," pintanya.