14 Fakta Menarik Film Jawan Termasuk Honor Fantastis yang Diterima Shah Rukh Khan

14 Fakta Menarik Film Jawan Termasuk Honor Fantastis yang Diterima Shah Rukh Khan
14 Fakta Menarik Film Jawan Termasuk Honor Fantastis yang Diterima Shah Rukh Khan (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Kesuksesan film Jawan meraih pendapatan box office Rs 1000 corere (setara Rp2,06 triliun), membuat superstar Shah Rukh Khan kian kokoh mendapatkan julukaan Badshah dari Bollywood dan juga sebagai King Khan.

Shah Rukh Khan sukses menasbihkan diri sebagai penghibur massal, membuat pundi-pundi pendaptannya  di box office di dalam negeri dan global, kian tak terbendung.

Lantas apa penyebab film Jawan begitu digandrungi oleh para penggemarnya?

Berawal dari video promosi film terbaru Shah Rukh Khan yang berjudul "Jawan," yang disutradarai oleh Atlee Kumar, yang akhirnya dirilis pada tanggal 10 Juli 2023.

Dalam video promosi ini, ditemukan semua elemen penting yang selalu dinantikan dalam setiap film Shah Rukh Khan.

Dikemas dengan aksi luar biasa yang akan meningkatkan adrenalinmu dan dialog-dialog yang memegang teguh ketegangan, "Jawan" menawarkan pengalaman visual dan emosional yang istimewa untuk penggemar setia Shah Rukh Khan.

Video promosi berdurasi 172 detik ini juga memberikan momen-momen spesifik dan informasi menarik tentang para pemain dalam film ini, sehingga membuat semua orang penasaran terus menerus.

Berikut 14 Fakta Menarik Film Jawan Karya Bollywood Perdana Sutradara Atlee Kumar yang berasal dari industri film Selatan:

1. Tampilkan Adegan Aksi yang Luar Biasa

Jawan menampilkan banyak adegan aksi yang dilakukan oleh para pemainnya. Dalam tampilan urutan adegan gerak lambat, diperlihatkan adegan yang memicu adrenalin; visual yang mengesankan; bangunan dan kendaraan yang diledakkan.

Melalui visual yang memukau dan pengeditan yang cermat, video promosinya terlihat sangat bagus. Jawan menampilkan perjalanan luar biasa yang mendebarkan dan penuh aksi.

2. Banyak Pemainnya dari Industri Film Selatan

Film Jawan banyak menghadirkan para pemain maupun kru dari industri film Selatan (Tamil dan Telugu).

Dari mulai aktris utamanya, Nayanthara, lalu aktor jahatnya, Vijay Sethupathi hingga Priyamani dan Yogi Babu. mereka semua berperan penting di film Shah Rukh Khan ini.

Selain itu, penggubah lagunya, Anirudh Ravichander juga dari industri film Selatan, bahkan sutradaranya sendiri, Atlee Kumar juga dari industri film Selatan.

Atlee Kumar dikenal karena menyutradarai film-film blockbuster di Tamil, seperti Theri, Mersal, dan Bigil.

3. Kehadiran Deepika Padukone dalam Peran Cameo

Ini merupakan film kesekian kalinya bersama Shah Rukh Khan. Deepika memulai debutnya di Bollywood dalam Om Shanti Om (2007) bersama Shah Rukh Khan, yang diikuti dengan kolaborasi mereka dalam 3 film blockbuster lainnya, Chennai Express (2013), Happy New Year (2014) dan Pathaan (2023).

Namun di film Jawan, Deepika Padukone hanya sebagai bintang tamu. Meski begitu, perannya tak sekadar 'numpang lewat'. .

Dalam video promo Jawan, Deepika ditampilkan mengenakan saree merah dan dengan terampil melawan penyerang di tengah hujan deras.

Rupanya perannya memang sangat penting dan tak seperti umumnya peran Cameo, yang hanya sekilas.

4. Shah Rukh Khan Berperan Baik (Pahlawan) dan Peran Abu-abu aCenderung Jadi Penjahat

"Ketika saya menjadi penjahat, tidak ada pahlawan (jagoan) yang bisa melawan saya," kata karakter Shah Rukh menjelang akhir prevue.

"Siapa aku, apa aku? Aku tidak tahu. Janji yang dibuat untuk seorang ibu atau tujuan yang belum selesai? Apakah saya baik atau buruk? Berkah atau dosa? Bertanya pada diri sendiri. Karena aku adalah kamu, baik atau buruk," tambahnya.

Sang sutradara sampai sekarang berhati-hati dalam menyembunyikan informasi tentang karakter yang diperankan Shah Rukh Khan.

5. Peran Shah Rukh Khan yang Belum Pernah Terlihat Sebelumnya

Dalam video promonya menyoroti semua elemen menarik Jawan, namun yang benar-benar menarik perhatian adalah kehadiran Shah Rukh Khan yang mendominasi, yang muncul dalam berbagai penampilan yang menakjubkan.

Video dimulai dengan menampilkan sekilas bagian-bagian berbeda dari fisik Shah Rukh Khan.

Kamera pertama langsung mengungkapkan Shah Rukh Khan duduk di tengah ruangan yang menyala-nyala, mencengkeram senapan mesin, dan mengenakan setengah topeng. Dia dengan percaya diri bertanya kepada penonton apakah mereka "Siap?".

6. Berbiaya Besar

Film Jawan dikabarkan menghabiskan biaya yang besar, diperkirakan antara Rs 220 crore (Rp 440 MIliar) hingga Rs 300 crore (Rp 600 Miliar).

Biaya ini termasuk lokasi syuting di temapt-tempat yang eksotis di dalam maupun luar negeri, dan efek visual yang canggih dan tidak konvensional.

7. Tampilkan Banyak Bintang Top Jadi Bintang Tamu

Selain aktris top Deepika Padukone yang menjadi cameo penuh aksi di film itu, hadir pula superstar Tamil, Vijay Thalapathy, yang sering bekerjasama dengan sutradara Atleen.

Vijay akan tampil menawan dalam Jawan. Lalu juga aktor hebat Bollywood, Sanjay Dutt, yang juga akan membuat penampilan spesial.

8. Alur Cerita Jawan yang Menarik dan Tak Terduga

Secara sekilas alur cerita film Jawan, seperti khasnya film Bollywood yakni bercerita tentang dendam masa lalu.

Dengan didorong oleh dendam pribadi untuk memperbaiki kesalahan dalam masyarakat, sambil menepati janji yang dibuat bertahun-tahun lalu.

Dia menghadapi penjahat mengerikan tanpa rasa takut, yang menyebabkan penderitaan luar biasa bagi banyak orang. Hingga dia melakukan apapun berjuang hingga nafas penghabisan untuk menumpas kejahatan.

9. Shah Rukh Khan Berperan Ganda

Ini bukan yang pertama kalinya Shah Rukh Khan berperan ganda. Sebelumnya, Shah Rukh Khan pernah melakukannya, seperti dalam film Fan, Duplicat, Don dan banyak lagi.

Dan iya, dalam Jawan, Shah Rukh Khan kembali bermain dalam peran ganda. Ia akan berperan sebagai seorang pejuang (ayah) dan juga seorang sipir penjara (anak laki-laki).

Shah Rukh Khan akan menampilkan lebih dari 6 penampilan berbeda dalam film itu.

10. Shah Rukh Khan Dibayar Fantastis dan Sangat Mahal dalam Film Jawan

Di film  Pathaan, Shah Rukh Khan dibayar Rs 100 crore (setara Rp206 miliar), yang filmnya meraih box-office.

Melihat kesuksesan Pathaan, diperkirakan Shah Rukh Khan mungkin akan dibayar tak lebih dari yang diterimanya di film Pathaan, yakni Rs 100 crore (Rp206 miliar), tapi  mungkin bisa lebih, jika Jawan meraih box-office saat beredar nanti.

Selain itu, Shah Rukh Khan juga mendapatkan saham 60% dari total keuntungan. Angka pastinya belum diungkapkan.

Sedangkan untuk aktrisnya, Nayanthara, kabarnya dibayar sekitar Rs 8 - 11 Core (setara Rp16 - Rp22 miliar).

Sementara untuk Vijay Sethupati, awalnya mematok harga Rs 15 crores (Rp 30 Miliar), namun setelah meraih sukses dalam Vikram, Vijay menaikkan honornya menjadi Rs 21 crores (Rp 42 Miliar) yang merupakan honor tertinggi sepanjang kariernya di industri film.

11. Hak Non-Bioskop Telah Terjual Seharga Rp500 Miliar

Film Jawan, direncanakan akan dirilis di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Namun, hak atau lisensi non-bioskop dari film tersebut telah terjual jauh sebelum jadwal rilis ditentukan.

Sesuai informasi, hak non-bioskop tersebut, termasuk musik, satelit, dan streaming digital, telah dijual sebelumnya dengan harga Rs 250 crores (setara Rp500 miliar).

12. Jawan Raih Box Office Melebihi Pathaan

Film Jawan, yang dibintangi superstar Bollywood Shah Rukh Khan, Nayanthara dan Vijay Sethupathi sebagai pemeran utama, telah meraup keuntungan sebesar Rs 1000 crore (setara Rp2,06 triliun), di box office seluruh dunia.

Raihan luar bisa di box office itu, tentu lebih besar dari yang pernah diperoleh film Shah Rukh Khan Pathaan.

13. Tanggal Rilis Diundur

Tanggal Rilis film Jawan, sebelumnya dijadwalkan akan dirilis pada 2 Juni 2023, tetapi mengalami penundaan, karena pekerjaan VFX (visual effect) dan pasca produksi yang belum selesai.

Hingga akhirnya tanggal rilis film Jawan dipastikan pada 7 September 2023.

14. Proses Produksi Film Jawan Memakan Waktu hingga 4 Tahun

Shah Rukh Khan menuturkan, proses pembuatan film Jawan membutuhkan waktu selama 4 tahun, karena berbagai kondisi yang menjadi penghambatnya. Salah satunya karena pandemi COVID-19 yang cukup berkepanjangan.

"Sangat jarang kita mendapatkan kesempatan ini dimana kita dapat hidup selama bertahun-tahun dengan sebuah film. 'Jawan' telah bersama kami selama empat tahun karena Covid dan keterbatasan waktu. Ada begitu banyak orang yang terlibat dalam film ini, terutama orang-orang dari selatan yang datang dan berpindah ke Mumbai selama empat tahun terakhir, bekerja siang dan malam untuk film ini. Banyak orang yang tidak kembali ke rumah mereka. Ada banyak orang yang memiliki anak-anak mereka di sini, seperti sutradara Atlee. Pahlawan dan pahlawan wanita yang sebenarnya dari film ini adalah para teknisi yang bekerja keras selama empat tahun terakhir," kata Shah Rukh.