Dorong Dunia Usaha Peduli TBC, Perdoki Rilis Buku Panduan Penanggulangan TBC di Tempat Kerja

Dorong Dunia Usaha Peduli Terhadap TBC, Perdoki Rilis Buku Panduan Penanggulangan TBC di Tempat Kerja
Dorong Dunia Usaha Peduli Terhadap TBC, Perdoki Rilis Buku Panduan Penanggulangan TBC di Tempat Kerja (Foto : Dok. BCF)

Antv – Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) merilis buku Panduan Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja.

Bertempat di kantor pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta dari lintas sektor mulai dari unsur pemerintah, korporasi, hingga organisasi kemasyarakatan. 

Turut hadir perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), World Health Organization (WHO), International Labor Organization (ILO), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), Stop TB Partnership Indonesia (STPI), Bakrie Center Foundation (BCF), PT Taspen, dan PT Amerta Indah Otsuka. 

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan kasus TBC terbanyak di dunia. Menurut data Kemenkes RI pada tahun 2022, 73,8% atau sekitar 715 ribu pasien TBC di Indonesia  merupakan masyarakat usia produktif dengan usia antara 25-34 tahun. Masyarakat usia produktif yang mengalami TBC rentan juga mengalami diskriminasi, penurunan kualitas ekonomi, sehingga mengancam kesejahteraan keluarga. 

Hal inilah yang mendorong PERDOKI bersama seluruh pihak membuat dan menerbitkan Panduan Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja sebagai langkah edukasi dan promosi kesehatan terkait TBC pada kalangan dunia usaha

“Tempat kerja merupakan tempat yang ideal untuk melakukan intervensi terhadap penanggulangan TBC. Pihak manajemen perusahaan atau pemberi kerja harus aktif dalam melakukan sosialisasi dan implementasi pencegahan serta penanggulangan TBC di tempat kerja, agar tidak menjadi sumber penyebaran TBC,” jelas Moh.Adib Khumaidi, Ketua Umum IDI saat membuka acara peresmian buku. 

Buku dengan tebal 100 halaman ini, dapat menjadi acuan bagi manajemen perusahaan atau para pemberi kerja untuk dapat melakukan kegiatan pencegahan serta pengendalian TBC bagi karyawan yang positif mengidap TBC.