Super Garuda Shield 2023 Resmi Digelar Panglima TNI Yudo Margono

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono beserta Peserta SGS 2022
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono beserta Peserta SGS 2022 (Foto : Putra Dwi Laksana)

Helikopter Super Puma milik TNI AU yang ditumpangi Panglima Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mendarat di Pusat Latihan Tempur 5 Marinir Asem Bagus Situbondo Jawa Timur pada Kamis (31-08-2023).

Kedatangan Panglima di Puslatpur dalam rangka melaksanakan upacara pembukaan Latihan Bersama Super Garuda Shield tahun 2023.

Dikesempatan itu, Panglima bersama dengan I Corps Commanding General Lt Gen Brunson melaksanakan upacara pembukaan dimulai dengan Laporan Upacara lalu dilanjutkan dengan prosesi pemeriksaan pasukan dari berbagai negara peserta dan juga penyematan tanda peserta latihan kepada dua orang prajurit perwakilan Negara Indonesia dan Amerika.

SGS 2023 akan berlangsung selama 14 hari, dimulai pada 31 Agustus hingga 13 September 2023 mendatang dengan melibatkan 2.810 prajurit TNI dan juga 2.165 personel negara asing, yaitu Amerika, Australia, Jepang, Singapura, dan Inggris.

Selain negara pelaku latihan, dalam kegiatan Super Garuda Shield ini juga mengikutsertakan negara-negara yang berada di Indo Pasifik sebagai Observer Inggris, Singapura, Japan, Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, Timor Leste.

Mengusung tema Latma Super Garuda Shield Tahun 2023, Komando Gabungan Bersama melaksanakan operasi di wilayah Surabaya, Asembagus, Grati dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Materi Latma Super Garuda Shield Tahun 2023 terdiri dari Staff Exercise (materi mengenai prosedur pengambilan keputusan kepemimpinan dan perintah operasi), Special Operation Force (SOF) (materi mengenai aktivitas Military Free Fall Infiltrasi dan Air Assalut dan dilaksanakan oleh Indonesia, US, Jepang dan Australia).