Lintasi Lautan, Kostrad Alirkan Air Bersih untuk Warga Pulau Enam

Lintasi Lautan, Kostrad Alirkan Air Bersih untuk Warga Pulau Enam
Lintasi Lautan, Kostrad Alirkan Air Bersih untuk Warga Pulau Enam (Foto : Dok. Penerangan Kostrad)

Antv – Sersan Satu Fadli Canu sehari hari dinas di Detasemen Peralatan (Denpal) 2 Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad melaksanakan Tugas Program TNI AD Manunggal Air dengan melaksanakan pembuatan tandon air dan pipanisasi  di pulau Una-Una Sulawesi Tengah. Selasa (22/8/2023).

Pemuda asal pulau Una-una Sulawesi Tengah ini dibantu aparat dan masyarakat Pulau Una-Una berhasil melaksanakan program TNI AD manunggal air, lokasi yang sudah berhasil dibangun titik air adalah kampung halamanya Pulau Enam, Kec. Togean, Kab. Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah yang selama ini kesulitan air bersih.



Berawal dari laporan Sertu Canu kepada Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. bahwa di kampung halamannya di Pulau Una-Una mereka kesulitan air bersih.

Berdasarkan laporan tersebut, Pangkostrad merespon secara positif dan memberikan atensi dengan memberikan solusi segera melakukan pipanisasi dan pembuatan tandon air dalam rangka mensejahterakan masyarakat yang tinggal di pulau Una-una.

Perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Pangkostrad menciptakan kolaborasi antara Sertu Canu anggota Denpal Divif 2 Kostrad dan masyarakat setempat yang secara bersama-sama bergotong royong dan mengalirkan air bersih melalui pipanisasi sepanjang 6,5 Km melintasi laut, sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di Pulau Una-Una.

Salah satu tokoh masyarkat Pulau Enam menyampaikan, bahwa "Kami ini benar-benar sangat kesulitan air, tempat air yang dipasangkan saat ini Kalau kita pergi mengambil air menggunakan sampan biasa mendayung  sampek satu jam kalau datang angin ribut kita ambil air kami bisa terjatuh dari sampan pak."

"Alhamdulillah kegembiraan yang sangat luar biasa yang kami rasakan berkat kedatangan Pak (Sertu) Fadli Canu anggota Denpal 2 Kostrad" kita mendapat bantuan Manunggal air dari  bapak Pangkostrad untuk menyampaikan air bahkan mereka bekerja sangat luar biasa bersama masyarakat tanpa mikir waktu pagi siang malam," tambahnya.

"Alhamdulillah berkat Bapak Pangkostrad dan Bapak TNI, Manunggal Air datang membawa rahmat kepada kami yang mana Kemarin kami mengambil airnya sangat susah harus melewati laut dan memakai Perahu tapi alhamdulillah air sudah memasuki pemukiman, buktinya sudah lancar air ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kostrad menggelar program pemenuhan air bersih melalui TNI AD Manunggal Air untuk warga Pulau Enam, Kec. Togean, Kab. Tojo Una-una, Sulawesi Tengah masih berjalan.