Waspada! TBC di Indonesia Melonjak, USU-BCF Screening Kesehatan dan TBC untuk Mahasiswa Baru

USU-BCF Screening Kesehatan dan TBC untuk Mahasiswa Baru
USU-BCF Screening Kesehatan dan TBC untuk Mahasiswa Baru (Foto : Istimewa)

Antv – Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Bakrie Center Foundation (BCF) berkolaborasi melakukan screening kesehatan dan TBC bagi mahasiswa baru.

Kegiatan ini juga melibatkan Kadin Indonesia, Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Indonesia Muda untuk Tuberkulosis, Yayasan Mentari Meraki Asa, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam implementasi Program Kolaborasi Multistakeholder & Multiyears dalam Percepatan Eliminasi TBC Sebelum Tahun 2030.

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., melalui Kepala Humas Promosi dan Protokoler Amalia Meutia, MPsi, Psikolog menjelaskan screening kesehatan dan TBC yang dilakukan di USU merupakan bentuk antisipasi untuk mencegah dan menanggulangi TBC sedari dini, untuk kalangan usia produktif.
 
“Screening TBC ini melibatkan 2.620 mahasiswa baru USU dan termasuk ke dalam standar prosedur pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru, untuk mencegah penyebaran TBC pada kalangan usia produktif. Kegiatan screening TBC ini dilakukan mulai 12 Agustus 2023 sampai 16 Agustus 2023 ,” ujar Amalia dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

img_title
USU-BCF Screening Kesehatan dan TBC untuk Mahasiswa Baru. (Foto: Istimewa)


Kegiatan ini juga didukung oleh dunia usaha, yakni dengan keterlibatan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk , PT Bumi Resources, dan PT Dairi Prima Mineral dalam proses mengedukasi masyarakat Sumatera Utara dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat untuk mendukung peningkatan ekonomi.