Akibat Pasokan Berkurang, Harga Telur Ayam Kampung di Kupang, NTT, Melonjak Drastis

Pasokan Berkurang, Harga Telur Ayam Kampung Melonjak Drastis
Pasokan Berkurang, Harga Telur Ayam Kampung Melonjak Drastis (Foto : antvklik-Frits Floris)

AntvHarga telor ayam kampung di pasar-pasar tradisional di Kupang, Nusa Tenggara Timur, sejak sepekan lalu mengalami kenaikan harga hingga 100 persen alias naik drastis.

Kenaikan harga dipicu dari kurangnya stok telor ayam kampung, yang selama ini dipasok dari surabaya Jawa Timur.

Seperti yang terpantau di pasar Kasih Naikoten I Kupang, Harga telor ayam kampung saat ini telah menembus harga hingga Rp5.000 per butirnya.

Padahal harga sebelumnya untuk 3 butir telor ayam kampung dijual dengan harga Rp10.000.

Kenaikan harga telor ayam kampung diakui Burhan, seorang pedagang telor di pasar Kasih Naikoten Kupang.

"Harga telor ayam kampung sejak pekan lalu ada kenaikan yang cukup dratis hingga mencapai 100 persen," ujarnya, Senin (19/6/2023).

Hal ini diakui Burhan karena dipicu dari kurangnya pasokan telor ayam kampung yang selama ini dipasok dari Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu harga ditingkat distributor telor juga ada kenaikan harga, bila sebelumnya per papan telor ayam kampung dibandrol seharga Rp85.000. Kini harganya telah mencapai Rp125.000.

Kenaikan harga telor ayam kampung ini, justru berbanding terbalik dengan harga telor ayam ras yang saat ini justru mengalami penurunan harga.

Menurut Burhan. telor ayam ras sebelumnya di pasar ini, dijual Rp62.000 per papan. Kini harganya sudah turun berkisar antara Rp54.000 hingga Rp58.000 per papannya.