Unik, Sambut Ramadan, Para Santri di Pringsewu Gelar Pawai Berkuda

Unik, Sambut Ramadan, Para Santri Gelar Pawai Berkuda
Unik, Sambut Ramadan, Para Santri Gelar Pawai Berkuda (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Ada hal unik saat menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang digelar oleh ratusan santriwan dan santriwati Kabupaten Pringsewu, Lampung, yakni menggelar pawai kuda kelilingi ibukota Kabupaten Pringsewu.

Dalam pawai yang lain dari yang lain tersebut para santri selain berjalan kaki dengan membawa spanduk, juga menunggang kuda untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Tentu saja hal itu menarik perhatian masyarakat yang kebetulan melihat saat rombongan pawai para santri melintasi mereka.

Masyarakat tertarik karena di dalam barisan pawai santri tersebut, para santri dikawal oleh mobil kepolisian dan juga pasukan berkuda sebanyak lima ekor kuda berukuran besar.

Dalam rangkaian pawainya, para santri yang tengah beristirahat di Pendopo Pringsewu untuk melepaskan lelah langsung jadi perhatian warga.

Banyak warga masyarakat yang memanfaatkan momen tersebut untuk berswafoto dengan kuda.

Meizar Toponi, ketua panitia pelaksana  pawai menjelaskan bahwa ada sekitar seribuan santriwan dan santriwati yang mengikuti pawai sambut bulan suci Ramadan.

"Rute yang kami tempuh mulai dari Pondok pesantren berjalan mengelilingi Pringsewu dan istirahat di Pendopo Pringsewu. Kemudian berjalan kembali menuju pondok pesantren," jelas Meizar, Sabtu (18/3/2023).

Pihaknya juga menggunakan kuda dari Princhsto Wisata Kuda. Terdapat 5 ekor kuda yang ikut berpartisipasi. "Kegiatan ini juga disupport Princhsto Pringsewu ikut menyemangati melalui jawara-jawara kuda yang dimilikinya," tandas Meizar.