Gunung Merapi Meletus Lagi, Sejumlah Wilayah Terdampak Abu Vulkanik

Gunung Merapi Meletus Lagi, Sejumlah Wilayah Terdampak Abu Vulkanik
Gunung Merapi Meletus Lagi, Sejumlah Wilayah Terdampak Abu Vulkanik (Foto : Instagram)

Antv – Gunung Merapi meletus lagi alias erupsi, pada Sabtu siang tadi (11/3/2023). Akibatnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, turut terdampak hujan abu vulkanik Merapi.

Data dari BPBD pukul 14.00 WIB, wilayah di Kabupaten Magelang yang terdampak abu vulkanik ada di 11 Kecamatan yakni Sawangan, Dukun, Candimulyo, Pakis, Tegalrejo, Tempuran, Bandongan, Windusari, Kaliangkrik, Ngablak, dan Wertoyudan.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, rentetan erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) merupakan yang terbesar selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Catatan BPPTKG melaporkan sejak pukul 12.12 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib terjadi 24 awanpanas guguran dengan jarak luncur maksimal empat kilometer (Km) ke arah barat daya.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan, erupsi tersebut diakibatkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang masih cukup tinggi dan adanya longsoran dari kubah lava di sisi barat daya.

Aktivitas seismik disebutnya tidak menjadi faktor pemicu, tetapi lantaran suplai magma masih ada serta potensi keluarnya yang cukup tinggi mengakibatkan status Merapi masih Siaga.

"Erupsi hari ini jadi yang terbesar selama satu tahun terakhir. Abu tersebar sampai ke Wonosobo atau sekitar 33 km arah barat daya dan jadi erupsi terbesar kedua setelah 27 Januari 2021 di mana rentetan awan panas guguran 52 kali ke Kali Boyong," jelas Agus.