Puluhan Warga Keracunan Massal Usai Menyantap Hidangan Hajatan

Puluhan Warga Keracunan Massal Usai Menyantap Hidangan Hajatan
Puluhan Warga Keracunan Massal Usai Menyantap Hidangan Hajatan (Foto : antvklik-Agus Saptono)

AntvPuluhan warga Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali Kota, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, keracunan massal usai menyantap hidangan hajatan. Rata-rata warga mengeluh sakit perut seperti diare, mual, hingga muntah.

Saat dikonfirmasi, Senin (27/2/2023), salah satu warga setempat, Sutrisno, menuturkan, peristiwa berawal ketika warga menghadiri undangan hajatan tetangga pada Minggu (26/2/2023). Hajatan mantenan berlangsung dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB.

"Ceritanya saya kemarin dapat makanan dari hajatan, menunya ada kreni, ati, terik. Itu mulai terasa saat magrib sampai jam 3 pagi gak bisa tidur karena perut sakit. Rasanya mual, selain mual juga muntah dan perih. Ini tadi ada yang dibawa ke rumah sakit karena mengeluh sakit perut," ujarnya.

Ketua RT 01/RW 03, Kelurahan Banaran, Joko Apriyanto, mengatakan, ketika masih proses hajatan, kondisi warga masih baik-baik saja. Namun pada sore harinya banyak warga yang mengeluh sakit perut.

"Tahunya ketika sore hari waktu acara boyongan, acaranya boyongan kan habis magrib dan tetangga juga diundang. Data sudah ada, mobil sudah ada dan sudah ngumpul tapi warganya kok belum pada datang. Lalu saya suruh hubungi kenapa kok belum pada datang. Dari situ ketahuan, ternyata warga pada mengeluh mual. Ada yang muntah dan diare. Setahu saya ada tiga warga dirawat di rumah sakit tapi tidak mondok," ujarnya.

Sementara itu, Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Endi Aris, mengatakan, Dinas Kesehatan menerjunkan tim usai mendapatkan laporan adanya keluhan warga yang sakit perut.

Selanjutnya berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk segera melakukan investigasi sekaligus pengobatan massal.