22 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di Chili

Kebakaran hutan di Chili.
Kebakaran hutan di Chili. (Foto : Reuters)

Antv –Puluhan kebakaran hutan terjadi di Chili mendorong pemerintah setempat memperpanjang status darurat pada sejumlah wilayah di Chili pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Kebakaran itu disebabkan gelombang panas yang terjadi pada musim panas di Chili. Cuaca panas yang terik mempersulit para petugas pemadam kebakaran mengendalikan api yang telah merenggut sedikitnya 22 nyawa hingga saat ini.

Keadaan darurat diumumkan oleh kementerian dalam negeri setempat yang saat ini mencakup wilayah La Araucania, tepat di selatan wilayah Biobio yang telah dinyatakan status darurat sebelumnya. Selain itu, status darurat juga diterapkan di wilayah Nuble, yang terletak di dekat pusat garis pantai Pasifik yang panjang di negara Amerika Selatan itu.

Ketiga wilayah tersebut adalah lokasi untuk pertanian dan lahan hutan.

Pada hari Jumat 3 Februari 2023, sebuah helikopter bantuan darurat untuk kebakaran di La Araucania jatuh. Jatuhnya helikopter menewaskan pilot dan mekaniknya.

Pihak berwenang melaporkan bahwa 11 dari korban, atau setengah dari korban tewas yang dilaporkan sejauh ini, meninggal di kota Santa Juana di Biobio yang terletak sekitar 500 km selatan ibu kota Santiago.

Sejak akhir pekan lalu, helikopter telah menjatuhkan air di atas kobaran api di tengah kepulan asap. sementara itu petugas pemadam kebakaran dan penduduk setempat bersama-sama berusaha memadamkan api.