Program Merdeka Big Deals Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha Perdagangan Berjangka

Program Merdeka Big Deals Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha
Program Merdeka Big Deals Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha (Foto : Istimewa)

Antv – Memasuki Tahun 2023 pelaku usaha perdagangan berjangka komoditas terus bertambah seiring makin maju dalam inovasi produk dan program menarik. Salah satunya program Merdeka Big Deals" yang diadakan di Jakarta, Selasa (31/1/2023)

Terkait hal itu, Peraturan Pemerintah sebagai turunan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) akan diterbitkan sekitar Juni 2023 atau 6 bulan setelah UU tersebut disahkan DPR pada Desember 2022.

Regulator dan pelaku usaha perdagangan berjangka komoditas berharap aturan turunan tersebut dapat memajukan industri ke depannya.

"Dengan UU P2SK, akan ada perubahan lanskap di industri komoditas berjangka, PP-nya harus sudah ada 6 bulan setelah disahkan," kata Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi di sela program "Merdeka Big Deals" yang diadakan PT Trijaya Pratama Futures dengan merk dagang TPFx Indonesia di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Dia mengatakan saat ini PP UU P2SK sedang dibahas dan disusun secara bersama-sama oleh otoritas dan kementerian/lembaga (K/L).

Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia. (Aspebtindo) kata dia, juga diberikan ruang untuk berdiskusi. "Kami mengharapkan ada input untuk asosiasi agar produk komoditas ini bisa lebih baik," kata dia.

Dia mengatakan pengawasan komoditas berjangka terkait keuangan seperti aset kripto bisa jadi akan berada di bawah wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Bank Indonesia (BI).

Sementara komodutas seperti minyak sawit mentah (curde palm oil/CPO) atau kakao tetap di bawah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Dengan adanya turunan UU P2SK, industri ini diharapkan bisa terus dikembangkan," kata dia.

Fajar juga mengapresiasi kegiatan PT Trijaya Pratama Futures yang memberikan apresiasi pada nasabahnya lewat Merdeka Big Deals. "Acara ini bagus untuk meningkatkan literasi keuangan," kata dia.

Rizal T Hutasoit, Direktur Utama TPFx Indonesia mengatakan produk yang diperdagangkan Trijaya Pratama Futures layak dikembangkan dan dipasarkan ke nasabah lebih masif.

"Kami juga akan terus melakukan inovasi produk dan program menarik," kata dia.

PT Trijaya Pratama Futures (TPFx) merupakan perusahaan pialang berjangka yang sudah menjadi anggota Bursa Berjangka Jakarta yang menyediakan sarana dan prasarana perdagangan produk kontrak berjangka.

Sebagai perusahaan yang berdiri sejak ahun 2004 dan telah tedaftar dan teregulasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan anggota resmi Jakarta Futures Exchange (JFX), TPFx Indonesia menawarkan produk seperti transaksi mata uang, komoditi emas, perak, minyak, CFD dan indeks saham.