Warga Lakukan Pembersihan Pasca Banjir dan Longsor di Manado Sulut

Longsor di Manado, Sulawesi Utara.
Longsor di Manado, Sulawesi Utara. (Foto : BNPB)

AntvBanjir yang sempat melanda Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, telah surut pada Minggu (29/1/2023). Saat ini warga setempat disibukkan dengan pembersihan material sampah dan lumpur yang terbawa saat bencana ini terjadi pada Jumat lalu (27/1/2023).

Warga dan petugas terkait melakukan pembersihan, termasuk puing-puing sisa material bangunan yang rusak akibat tanah longsor.Tim gabungan yang dipimpin oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado melakukan pembersihan yang berlangsung di beberapa titik, termasuk yang dilakukan warga Kelurahan Molas.Kegiatan tersebut masih akan dilakukan hingga hari ini, Senin (30/1/2023).

Merespons bencana di wilayah, Pemerintah Kota Manado menetapkan status keadaan darurat penanganan banjir dan tanah longsor. Status dengan nomor 27/KEP/B06/BPBD/2023 ini berlangsung 7 hari, terhitung dari 27 Januari hingga 2 Februari 2023.

Tercatat 34 kelurahan atau desa yang berada di 9 kecamatan terdampak banjir. Kesembilan kecamatan itu yaitu Kecamatan Singkil, Mapanget, Tikala, Tuminting, Wenang, Sario, Bunaken, Paal Dua dan Wanea.

Sedangkan tanah longsor berdampak di 22 kelurahan atau desa di 7 kecamatan. Kecamatan terdampak berada di Kecamatan Tikala, Singkil, Wanea, Bunaken, Mapanget dan Wenang.

Korban jiwa akibat banjir dan longsor berjumlah 5 warga, dengan rincian meninggal dunia akibat banjir 1 warga dan longsor 4. Selain korban meninggal, tanah longsor mengakibatkan warga luka berat 1 warga dan lainnya luka ringan. Mereka yang luka telah mendapatkan perawatan dari dinas kesehatan setempat.

Total warga mengungsi berjumlah 1.674 warga. Mereka tersebar di beberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Bunaken 948 warga, Paal Dua 370, Singkil 215, Tikala 100 dan Wanang 41.