Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Resmi Diluncurkan

Kapal RS KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Resmi Diluncurkan
Kapal RS KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Resmi Diluncurkan (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

Antv – Untuk memperkuat sistem pertahanan negara, Kapal Bantu Rumah Sakit KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 resmi memperkuat armada Republik Indonesia, setelah dilakukan serah terima oleh PT PAL Indonesia kepada TNI Angkatan Laut (AL) di Dermaga Bandar Barat Divisi Kapal Niaga PT. PAL Indonesia, Jalan Ujung Surabaya, Kamis (19/1/2023).

Kaharuddin Djenod Direktur Utama PT PAL Indonesia, mengatakan kapal karya anak bangsa itu didesain sesuai kebutuhan TNI AL dan merupakan bagian dari kontribusi, dalam pembangunan alutsista guna menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia.

“Kemajuan pembangunan kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) ke-2 telah mencapai 100 persen, keseluruhan konstruksi kapal telah selesai, sistem pendorong kapal telah terpasang bersama alat kesehatan di dalamnya,” ucap Kaharuddin dalam sambutannya

Ia mengatakan bahwa kapal rumah sakit itu juga telah memenuhi parameter keberhasilan, salah satunya dengan tercapainya maximum speed saat kondisi full load rata-rata 18,3 knots (gps) melebihi target yakni 18 knots, bahkan menurutnya sempat tercapai kecepatan 19,7 knots.

Selain itu, kapal tersebut juga telah dilakukan uji kelayakan, yakni mulai dari Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test (SAT), dan puncaknya pada inspeksi oleh jajaran Perwira Tinggi dalam kegiatan Commodore Inspection pada Desember 2022 lalu, dan memperoleh hasil memuaskan.

Sementara itu, Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staff Angkatan Laut (KSAL) menyatakan kehadiran Kapal BRS KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, sangat berguna bagi TNI AL baik untuk operasi militer saat perang maupun diluar perang.

“Dan ini terbukti dari kapal rumah sakit yang lalu, sangat bermanfaat sekali ketika terjadi bencana dan dapat membantu secara maksimal, bisa mengobati,” ucapnya sesuai serah terima kapal