Batulicin Festival Kalsel Bantu UMKM Tumbuh Sejahterakan Masyarakat

Presiden Joko Widodo dan Haji Andi Syamsuddin Andi Arsyad.
Presiden Joko Widodo dan Haji Andi Syamsuddin Andi Arsyad. (Foto : Istimewa)

Antv –Pesta kembang api Batulicin Festival (Batfest) 2022 yang memecahkan rekor MURI untuk bentang pijar terpanjang mencapai 1 kilometer, menjadi pertunjukan spektakuler bagi 70 ribu masyarakat yang datang.

Batulicin festival tersebut diselenggarakan di Jhonlin Pantai Festival Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Luas area yang digunakan sekitar 12,5 hektare yang sejatinya diperuntukkan bagi sekitar 50 ribu pengunjung.

Para penonton pesta kembang api Batfest 2022 pada puncak pergantian tahun tak hanya dari Tanah Bumbu atau kabupaten-kabupaten di sekitarnya, seperti Pelaihari atau Kotabaru, tapi juga berdatangan dari Banjar Baru, Banjarmasin dan bahkan dari luar provinsi seperti Balikpapan atau Samarinda.

Pertunjukan kembang api nan megah tersebut, ternyata juga menjadi penanda hari ulang tahun ke-46 bagi Haji Andi Syamsuddin Andi Arsyad yang juga biasa disebut Syamsuddin Andi Arsyad, meski orang lebih banyak mengenalnya sebagai Haji Isam.

Batfest 2022 bukanlah sekedar hingar-bingar pesta kembang api atau penampilan panggung Via Vallen, Wali, King Nassar, Mahalini atau Vierratale, karena ternyata melibatkan sekitar 500 PKL dan UMKM yang disediakan tenda-tenda khusus secara gratis.

Mereka bisa ikut berjualan dan menangguk rejeki dari ratusan ribu orang yang berdatangan dan menonton secara gratis pula, selama lima hari perhelatan sejak Selasa (27/12/2022) hingga Sabtu (31/12/2022).

Belum lagi para pengusaha kecil wahana mainan anak yang juga diberi tempat tersendiri di area Batfest agar bisa ikut meraup rejeki, seperti tong setan, bianglala, atau komedi putar.