Cuaca Ekstrem, Awas! Wabah Demam Berdarah Dengue Mengintai

Cuaca Ekstrem, Awas! Wabah Demam Berdarah Dengue Mengintai
Cuaca Ekstrem, Awas! Wabah Demam Berdarah Dengue Mengintai (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) di saat cuaca ekstrem menerpa. Hal ini menyusul datangnya musim penghujan.

Menurut Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi di musim hujan ini banyak tempat-tempat yang menjadi potensi perkembangan nyamuk.

"Ini yang harus diwaspadai artinya tetap jaga kesehatan dan kalau demam segera lakukan tes," katanya, Kamis (29/12/2022).

Sementara, kata Siti Nadia menambahkan, melihat data Kemenkes jumlah kumulatif kasus konfirmasi DBD dari Januari-September 2022, yakni sebanyak 87.501 kasus. Dengan kasus kematian sebanyak 816 orang.

"Sampai saat ini peningkatan kasus ada sedikit tetapi tidak signifikan jumlahnya. Seperti misalnya jumlah demam berdarah di beberapa daerah ada penambahan kasus tetapi memang bukan suatu lonjakan yang secara signifikan," ucap Siti Nadia Tarmizi.

Menurut Siti Nadia Tarmizi, kewaspadaan itu menjadi perhatian pihaknya lantaran adanya mobilitas orang cukup besar dalam libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ke kampung halaman saat ini.

"Ini mempunyai risiko, atau juga ada orang yang mobilitas liburan di daerah-daerah yang menjadi endemi Malaria, ini juga diwaspadai kondisi-kondisi seperti itu karena bisa juga tertular di daerah endemi Malaria," tandasnya.