Belasan Warga Keracunan Usai Menyantap Lontong Sayur Tasyakuran

Belasan Warga Keracunan Usai Menyantap Lontong Sayur Tasyakuran
Belasan Warga Keracunan Usai Menyantap Lontong Sayur Tasyakuran (Foto : antvklik-Agus S)

AntvBelasan warga Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diduga keracunan dan beramai-ramai dilarikan ke rumah sakit, Senin (19/12/2022) malam.

Mereka mengeluhkan hal yang sama yakni, mual muntah dan pusing usai menyantap lontong sayur di acara tasyakuran.

"Iya benar. Ada kejadian keracunan makanan yaitu dalam rangka tasyakuran masuk rumah baru di Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan. Makan sayur lontong," ujar Kapolsek Jogonalan Iptu Haryanto, saat ditemui Senin (19/12/2022) malam.

Haryanto mengatakan begitu mendapatkan informasi keracunan pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak rumah sakit tempat korban dirawat. Termasuk juga melakukan pendataan dan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Data sementara sampai Senin (19/12/2022) malam, terdapat 16 warga dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas, antara lain di Puskesmas Jogonalan 9 orang, Rumah Sakit Bagas Waras 5 orang, Rumah Sakit Cakra 1 orang, dan di Rumah Sakit Tegalyoso 1 orang.

"Yang dirasakan rata-rata sama yakni mual-mual, muntah, kepala pusing, merasakan lemas. Rata-rata yang kena ini fisiknya yang lemah terutama lansia," ujarnya.

Haryanto mengatakan, petugas sudah mengambil sampel makanan dan dikirim ke laboratorium yang ada di Yogyakarta. Selanjutnya penyelidikan mendalam akan terus dilakukan.