KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Akan Perankan Bimasena dalam Lakon Pandowo Boyong

KSAL Akan Perankan Bimasena dalam Lakon Pandowo Boyong
KSAL Akan Perankan Bimasena dalam Lakon Pandowo Boyong (Foto : antvklik-Era/Edwin)

Antv – TNI AL akan mementaskan wayang orang berlakon Pandowo Boyong untuk memperingati hari Dharma Samudra di Taman Ismail Marzuki pada 15 januari 2023 mendatang. Dalam pentas pandowo boyong, TNI AL akan berkolaborasi dengan laskar indonesia pusaka (LIP) pimpinan Jaya Suprana. 

Lakon Pandowo Boyong mengisahkan babak ketika lima orang ksatria bersaudara yang tergabung dalam Pandawa, boyongan dari Alengka yang dikuasai Kurawa, ke Astinapura. Kepindahan itu untuk memerdekakan diri dari kekuasaan Kurawa. 

Perwira tinggi TNI AL akan memerankan tokoh utama dalam pagelaran ini dan sebanyak 480 personil akan turut serta dalam pentas. 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didualat memerankan tokoh Bimasena, tokoh yang berwatak keras namun berhati mulia. 

Selain anggota TNI, ada pula artis dan tokoh yang ikut dalam pentas wayang orang ini, diantaranya: Choky Sitohang dipercaya memerankan tokoh arjuna, Marcella Zalianty sebagai Dewi Arimbi, Putri Khairunisa sebagai Dewi Gendari dan Inayah Wahid sebagai istri punakawan Bagong.

“Sutradara yang menunjuk, karena mungkin saya besar. Kalau masalah nanti bisa keras atau tidak kan nanti pakai kumis. Sehingga tidak kelihatan keras atau tidak. Pasti kalau pakai kumis kaya anggota empat yang tadi pasti akan kelihatan sangar,” ujar KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Pertunjukan wayang orang ini dipilih, selain untuk menyambut hari Dharma Samudra juga untuk melestarikan budaya jawa, di tengah gempuran budaya asing.