Inspiratif dan Inovatif, SMK Asal Purworejo Ciptakan Mobil Listrik

Inspiratif dan Inovatif, SMK Asal Purworejo Ciptakan Mobil Listrik
Inspiratif dan Inovatif, SMK Asal Purworejo Ciptakan Mobil Listrik (Foto : antvklik-Eddy Suryana)

Antv – Upaya pengurangan emisi dari kendaraan bermotor terus dilakukan dengan berbagai inovasi, salah satunya dengan mengembangkan mobil listrik.

Inovasi itu dilakukukan oleh guru dan murid di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang sukses mengembangkan mobil listrik. yang diharapkan bisa menjadi solusi  masa depan lingkungan yang bebas emisi.

Bupati Purworejo Agus Bastian saat berkunjung mengaku bangga dan mengaprisiasi penuh atas inovasi masyarakat Purworejo, khususnya di SMK yang bisa melahirkan siswa-siswa berbakat, inovatif dan smart.

Mobil listrik temuan siswa SMK itu disebut 'emo' atau elektrik mobil, dengan dukung daya sebesar 3.000 watt, dari rangkaian baterai dan aki dengan kapasitas 60 volt.

Mobil listirk ini mampu melesat dengan kecepatan 80 kilometer per jam, putaran dari daya listrik ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 5 PK.

Mobil buatan siswa dan guru itu, mulai digagas pada awal tahun 2022 lalu, setelah proses selama enam bulan, mobil ini akhirnya bisa dikendarai dan berfungsi sebagaimana mobil pada umumnya.

Untuk sistem operasi, mobil ini digerakkan dengan dinamo yang disuplai listrik dari rangkaian baterai lithium dan accu.