Banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi Berangsur Surut

Banjir di Bekasi Jawa Barat.
Banjir di Bekasi Jawa Barat. (Foto : BNPB)

AntvBanjir yang menerjang Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, berangsur surut Sabtu pagi (8/10/2022). Peristiwa ini berdampak pada enam kecamatan setelah hujan deras berlangsung pada Jumat kemarin (7/10/2022), pukul 15.00 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi terus memantau kondisi di beberapa titik yang masih tergenang banjir. Enam wilayah terdampak yaitu di Kecamatan Mustika Jaya, Jatiasih, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Bantar Gebang dan Bekasi Barat.

Tinggi muka air saat banjir pertama kali berlangsung sekitar 50 hingga 100 cm. Akibat banjir tersebut, sebanyak 900 KK warga Kota Bekasi terdampak. Tidak ada pengungsian karena peristiwa ini. Pihak BPBD bersama tim gabungan setempat tetap bersiaga menghadapi potensi dampak banjir.

Prakiraan cuaca pada esok hari, Minggu (9/10/2022) masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada wilayah-wilayah yang sebelumnya terdampak banjir pada Jumat lalu.

Banjir Kabupaten Bekasi Surut

Sementara itu, sejumlah desa di tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, sempat tergenang air setinggi 10 hingga 50 cm pada Jumat pagi (7/10/2022).

Namun, pantauan BPBD setempat menyebutkan banjir telah surut pukul 19.17 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melaporkan genangan terjadi setelah hujan deras terjadi di kawasan hulu Bogor dan Kabupaten Bekasi.