Kominfo Tunda Migrasi Siaran TV Digital di Jabodetabek, Ini Alasannya

Kominfo Tunda Migrasi Siaran TV Digital di Jabodetabek
Kominfo Tunda Migrasi Siaran TV Digital di Jabodetabek (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Migrasi siaran televisi analog ke digital di wilayah Jabodetabek ditunda. Awalnya penerapan analog switch off (ASO) di wilayah Jabodetabek akan dilakukan pada Rabu (5/10/2022) besok. 

Hal itu disampaikan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP Kominfo), Usman Kansong.

"Jadi, Kominfo/pemerintah sudah merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatu agar ASO Jabodetabek bisa dilakukan 5 Okt 2022. Akan tetapi, ATVSI atau lembaga penyelenggara multiplexing meminta ASO Jabodetabek digeser ke tanggal 2 November 2022 sesuai dengan amanat UU Cipta Kerja," katanya, Selasa (4/10/2022).

Pemerintah, kata Usman, dalam program ASO ini sifatnya memfasilitasi dan mendukung industri untuk menghadapi disrupsi digital.

"Oleh karena itu, kita dalam hal ini mendukung atau memfasilitasi ATVSI/lembaga penyelenggara multiplexing untuk menggeser ASO Jabodetabek ke tanggal 2 November 2022," ungkapnya.

Terkait bantuan Set Top Box (STB) ke penduduk miskin, lanjut dia, tidak jadi masalah. Berdasarkan simulasi pihaknya STB untuk masyarakat kurang mampu di wilayah Jabodetabek terdistribusikan kurang lebih 100 persen jika besok penerapan itu jadi. 

Sebelumnya, Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin, telah terlaksana sebanyak 63,4 persen dari 479.307 per September kemarin.