TNI Angkatan Laut Gelar Ekspedisi Maritim 2022

TNI AL Gelar Ekspedisi Maritim
TNI AL Gelar Ekspedisi Maritim (Foto : )

Antv - Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan pelepasan tim Ekspedisi Maritim di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priuk Jakarta Utara pada Kamis (22/9/2022).

Dalam acara pelepasan tersebut, Ksal secara simbolis melepaskan Tali Tross Kapal Republik Indonesia Dewarucci, tanda Ekspedisi Maritim secara resmi digulir.

Tujuan kegiatan ini antara lain ialah untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan sejarah maritim TNI Angkatan Laut "Kegiatan ekspedisi Maritim ini tentunya ini untuk menggali potensi maritim menggali sejarah angkatan laut dan juga menggali sumber daya maritim yang berada di daerah-daerah yang akan di lintasi nantinya," jelas Yudo Margono.

Ia juga menambahkan, dalam temuannya nanti akan langsung di Informasikan kepada Presiden dan juga Panglima TNI Andika Perkasa.

"kita akan laporkan sebagai referensi atau bahan masukan kepada beliau, inilah potensi maritim maupun sejarah maritim kita, sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan yang akan datang tentang visi negara maritim," sambungnya didepan awak media.

Dalam perjalanan Ekspedisi Maritim kali ini, KRI Dewarucci terlebih dahulu akan berlayar ke wilayah Cirebon. Disana mereka akan mengunjungi dan mengeksplore tempat-tempat bersejarah.

Selanjutnya Kapal yang telah diluncurkan sejak tahun 1953 tersebut akan kembali berlayar ke daerah Tegal, Semarang, Juwana, Rembang, Gersik, Surabaya, Pacitan, Jogja, Cilacap, Pangandaran dan Banten.