Sebanyak 2 Warga Tewas Akibat Tanah Longsor di Ciamis Jawa Barat

Warga mengungsi di Desa Sukamaju Ciamis Jawa Barat.
Warga mengungsi di Desa Sukamaju Ciamis Jawa Barat. (Foto : BNPB)

Antv –Dua warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia setelah tertimbun tanah longsor yang terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (11/9/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melaporkan bahwa peristiwa itu terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 20.00 WIB ditambah kondisi tanah yang labil di lokasi kejadian.

Sebanyak 28 KK/88 jiwa di Desa Sukahurip dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti terdampak bencana itu. Beberapa warga Desa Sukamaju terpaksa mengungsi di masjid tak jauh dari permukiman. Sedangkan dua korban meninggal dunia dimakamkan hari ini, Senin (12/9/2022).

BPBD Kabupaten Ciamis saat ini berfokus pada penanganan longsor di Desa Sukamaju untuk evakuasi dan penyelamatan warga serta pembukaan akses jalan yang tertimbun material longsor.

Sebelumnya Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto telah memperingatkan akan terjadinya cuaca ektrem berupa hujan lebat yang bisa memicu tanah longsor di sejumlah tepat termasuk di Jawa Barat.

“Potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sepekan kedepan (10 - 16 September 2022),” ungkap Guswanto melalui keterangan tertulisnya Jumat (9/9/2022).

Warga diminta waspada terhadap bencana akibat dampak dari cuaca tersebut.