Dana 1 Miliar Satu Desa Batal Cair Agustus Lalu, Ini Sebabnya

Dana 1 Miliar Satu Desa Batal Cair Agustus Lalu
Dana 1 Miliar Satu Desa Batal Cair Agustus Lalu (Foto : Pixabay)

Antv – Pemkab, Bogor, Jawa Barat, mengungkapkan alasan batalnya pencairan dana Satu Miliar Satu Desa atau Samisade yang rencananya berlangsung pada Agustus 2022.

"Kami kan sudah siap uangnya, infrastrukturnya, serta yang lainnya. Bukan kami yang bikin telat, tapi kajian dari provinsi dan pusat yang telat," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Kamis (1/9/2022).

Menurutnya, hingga kini Pemkab Bogor masih menunggu kajian dari pemerintah provinsi (pemprov) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai revisi Peraturan Bupati (Perbup) tentang Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa yang menjadi payung hukum Program Samisade.

Iwan pun meminta kepada pejabat di Pemprov Jawa Barat dan Kemendagri untuk memperlancar kepentingan masyarakat, khususnya perbaikan infrastruktur.

"Kami mohon kepada pengambil kebijakan di Pusat dan provinsi. Tolong semangat kami dalam melakukan akselerasi percepatan pembangunan melalui Samisade ini harus sama frekuensi," kata Iwan.

Ia bahkan mengaku siap turun tangan secara langsung membahas kendalanya, untuk mempercepat proses kajian revisi Perbup Samisade.

"Saya siap kalau memang harus saya pribadi yang datang. Kemarin saya sampaikan kepada dinas-dinas, kalau memang perlu dikawal oleh saya, saya siap dan harus bagaimana," tuturnya.