Film-film Amitabh Bachchan Pernah Menjadi Blockbuster, Semuanya Masuk 10 Besar Terlaris

Film Amitabh Bachchan pernah kalahkan Filmnya Shah Rukh Khan
Film Amitabh Bachchan pernah kalahkan Filmnya Shah Rukh Khan (Foto : Koimoi)

Antv – Saat ini, film-film Bollywood mencapai popularitas tinggi dan meraih sukses besar di box office. Namun, ada saat-saat ketika koleksi box office tidak begitu diminati oleh penonton.

Sebelum adanya perhitungan klub-klub populer dan sukses, film hanya dikenal sebagai hit besar atau gagal. Ada seorang aktor yang benar-benar menentukan takdir film-film tersebut di box office. Pria itu adalah Amitabh Bachchan, yang punya julukan "pemuda pemarah".

Pada masa ketika kesuksesan atau kegagalan tidak terlalu mempengaruhi popularitasnya, aktor legendaris ini benar-benar menguasai box office. Ini terjadi pada tahun 1978, di mana Amitabh Bachchan memiliki enam film yang dirilis, dan lima di antaranya berhasil di box office. 

Kelima film tersebut adalah Ganga Ki Saugandh, Kasme Vaade, Besharam, Trishul, Don, dan Muqaddar Ka Sikandar. Keempatnya meraih sukses, kecuali Besharam.

Bahkan, tiga dari keenam film tersebut berhasil menduduki peringkat tiga besar dalam daftar film dengan pendapatan tertinggi di tahun tersebut. Muqaddar Ka Sikandar yang menampilkan Rakhee, Vinod Khanna, dan Rekha, adalah sebuah blockbuster dengan pendapatan sebesar 9 crore dan menjadi film terlaris tahun 1978.

Selanjutnya, Trishul mendapatkan Rs 5,75 crore, diikuti oleh Don yang mengumpulkan 3,8 crore. Kedua film tersebut berada di bawah Muqaddar Ka Sikandar.

Dua film lainnya, Kasme Vaade dengan pendapatan seumur hidup sebesar Rs 2,6 crore, dan Ganga Ki Saugandh dengan pendapatan Rs 2,5 crore, juga berhasil menjadi hits di box office.